Komitmen Untuk Hidup Baru

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 22 Juni 2016

BACAAN HARI INI

Kisah 2:41-47

RHEMA HARI INI

Kisah 2:41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.

Sejak ribuan tahun yang lalu, cincin kawin telah menjadi simbol komitmen antara suami dan istri. Lingkarannya yang tidak berujung menyimbolkan kekekalan. Lubang di tengahnya dipercayai sebagai pintu gerbang untuk menuju kepada hal-hal dan berbagai peristiwa, baik yang telah atau belum diketahui. Dengan demikian, pertukaran cincin juga dapat diartikan sebagai deklarasi cinta yang abadi di antara dua pribadi. Juga keputusan untuk memulai kehidupan yang baru bersama, apa pun yang akan terjadi.

Ketika kedua pasangan memasangkan cincin di jari satu sama lain, mereka sedang memeteraikan cinta mereka ke dalam sebuah pernikahan. Untuk mengakui satu sama lain sebagai pasangan hidup di hadapan banyak orang. Hal ini, tentu saja didasari oleh kasih dan kerelaan hati dari kedua mempelai.

Dalam beberapa sudut, baptisan memiliki artian yang sama seperti cincin kawin. Namun, tentu saja, baptisan juga memiliki makna yang jauh lebih dalam lagi. Ketika kita ditenggelamkan ke dalam air, kita diingatkan akan kasih Allah kepada kita. Bahwa Yesus telah mati di kayu salib dan dibangkitkan kembali dari antara orang mati untuk kebaikan kita. Kita memberi diri dibaptis bukan sebagai syarat keselamatan, tetapi sebagai pernyataan iman kita kepada Tuhan Yesus di hadapan dunia. Sebagai simbol pertobatan dan komitmen untuk memulai lembaran hidup baru sebagai anak Allah. Karena ketika dibaptis, kita dimeteraikan Allah sebagai anak-Nya dan menjadi bagian dari keluarga Allah. Yang juga berarti bahwa kita berhak untuk menerima janji-Nya.

Tentu hal ini jugalah yang dipahami oleh tiga ribu orang yang memberi diri dibaptis seketika itu juga di hari Pentakosta. Juga oleh sida-sida Etiopia yang ditemui Filipus di tengah perjalannya. Ketika mereka menjadi percaya, mereka tidak menunda-nunda lagi. Jika sampai saat ini Anda belum dibaptis, hendaknya Anda juga segera membuat keputusan untuk menyatakan komitmen Anda. (MV.L)

RENUNGAN

Baptisan air adalah tanda komitmen kita yang sudah DILAHIRKAN BARU di dalam Tuhan.

APLIKASI

  1. Apakah pengertian Anda tentang baptisan?
  2. Sudahkah Anda memberi diri untuk dibaptis? Jika sudah, atau jika belum, kenapa?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami mengucap syukur karena kasih-Mu yang begitu besar terhadap kami. Karena Engkau telah mengangkat kami menjadi anak-Mu melalui karya salib Yesus. Kami mau, ya Bapa, mengambil komitmen untuk hidup baru di dalam-Mu. Kami tidak akan menunda-nunda atau berlama-lama lagi.
Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Kisah 7-8