Kotbah Minggu: Angin Roh Kudus #3

The Wind of the Holy Spirit #3
THE WIND OF JOY
ANGIN SUKACITA

[pvg list=”ark3″]

Play Audio:

Pdt. Obaja Tanto Setiawan – The Wind of The Holy Spirit #3

Catatan Kotbah

Saya sudah ceritakan kepada kita tentang satu rhema yang Tuhan berikan kepada gereja kita pada saat Unlimited Conference atau perayaan HUT gereja kita yang ke-26, yaitu: The Wind of the Holy Spirit atau Angin Roh Kudus Sedang berhembus di tengah-tengah kita.

Baca Yehezkiel 37: 9-10!!!

Perhatikan baik-baik bagaimana tulang-tulang kering itu bisa dihidupkan menjadi suatu tentara yang sangat besar!!!
Kuncinya adalah nafas hidup – Ini yang saya sebut dengan ‘Angin Roh Kudus’!!!

Saya percaya inilah yang sedang Tuhan kerjakan di tengah-tengah kita saat ini: Angin Roh Kudus sedang berhembus untuk menghidupkan tulang-tulang kering menjadi pahlawan!!! Dan kalau angin Roh Kudus itu sendiri yang berhembus, maka sesuatu yang dahsyat akan segera terjadi di tengah-tengah kita, bahkan dalam kehidupan pribadi kita masing-masing: yang lemah akan dikuatkan, yang mundur akan dibawa maju kembali, yang sempat turun akan diangkat naik oleh Tuhan!

I. ANGIN ROH KUDUS YANG DIHEMBUSKAN DI TENGAH-TENGAH KITA ADALAH ANGIN SUKACITA.

Saya percaya gelombang Angin Roh Kudus ketiga yang Tuhan mau hembuskan di tengah-tengah kita adalah THE WIND OF JOY ATAU ANGIN SUKACITA!!!. SUKACITA SEKARANG INI MENJADI BARANG LANGKA. Banyak orang yang tidak memiliki sukacita dalam hidupnya. Padahal SUKACITA ADALAH SPIRITUAL POWER / KEKUATAN ROH YANG LUARBIASA YANG DISEDIAKAN TUHAN, KHUSUSNYA BAGI KITA, ORANG-ORANG YANG MENGASIHINYA. Dan berita baiknya adalah ANGIN SUKACITA ROH KUDUS SIAP BERHEMBUS DI TENGAH-TENGAH KITA!

Ini bukan sesuatu yang eksklusif hanya untuk orang tertentu saja. Asalkan kita menangkapnya, maka kita bisa mulai menjadi orang yang penuh sukacita. Kesedihan bisa dirubah menjadi kebahagiaan, dukacita menjadi sukacita, air mata kita dirubah menjadi tari-tarian. Jadi apa itu rahasia mengalami sukacita? Apa itu rahasia bahagia? Sederhana sekali: RAHASIA SUKACITA ADALAH SIKAP HATI.

Sikap hati kitalah yang akan menentukan sukacita kita, bukan situasi dan kondisi kita. Sikap hati kita dalam menghadapi situasi dan kondisi kitalah yang akan menentukan kebahagiaan.

II. SIKAP HATI YANG MENGUCAP SYUKUR AKAN MENDATANGKAN SUKACITA.

Kunci mengalami sukacita adalah hati yang mengucap syukur.

1 Tesalonika 5:18

Ayat yang sederhana ini memberikan kepada kita rahasia yang sangat hebat untuk menemukan kebahagiaan. Apa itu? TUHAN MENGHENDAKI KITA MENGUCAP SYUKUR DALAM SEGALA HAL! Tidak ada orang yang bisa bahagia, tanpa hati yang mengucap syukur! Hanya ketika kita mau belajar untuk mengucap syukur dalam segala hal (seperti nasehat Firman Tuhan), maka aliran sungai sukacita Roh Kudus akan mulai muncul dalam hati kita.

Semakin kita bisa mengucap syukur, semakin deras aliran sungai sukacita itu, semakin indah hidup kita, dan semakin meluap sukacita yang kita rasakan. MUDAH UNTUK MENGUCAP SYUKUR KETIKA SEGALA SESUATU TERJADI SESUAI DENGAN PENGHARAPAN KITA, AKAN TETAPI BUTUH IMAN DI HATI KITA UNTUK BISA MENGUCAP SYUKUR, SEKALIPUN SEGALA SESUATUNYA TERJADI BERBEDA DENGAN PENGHARAPAN KITA.

Itu sebabnya BUTUH IMAN DI HATI KITA UNTUK BISA MENGUCAP SYUKUR DALAM SEGALA HAL! Sekalipun segala sesuatu tampaknya bermasalah, tapi kita tetap mengucap syukur kepada Tuhan, sebab kita percaya bahwa Tuhan turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan.

Roma 8:28

ORANG MENJADI HEBAT KARENA BISA MERESPON DENGAN BAIK HAL-HAL JELEK YANG TERJADI DALAM HIDUPNYA. Kita harus mengerti bahwa: SERINGKALI ORANG MENJADI HEBAT DAN LUARBIASA BUKAN KARENA BANYAK HAL BAIK TERJADI DALAM HIDUPNYA, SEBALIKNYA BANYAK YANG JELEK, AKAN TETAPI DIA BISA MERESPONI DENGAN BAIK, SEHINGGA YANG JELEK ITU JUSTRU DIPAKAI TUHAN UNTUK MEMBAWA KEBAIKAN DALAM HIDUPNYA. Contoh: Yusuf, Daud.

Demikian pula halnya dengan kita, HAL-HAL JELEK YANG TERJADI DALAM HIDUP KITA, BISA TUHAN PAKAI UNTUK MENDATANGKAN KEBAIKAN. Itu sebabnya mengucap syukurlah dalam segala keadaan!!! Ingatlah bahwa Tuhan bisa melakukan mujizat dalam hidup kita, kalau kita bekerja sama dengan cara Tuhan mendatangkan berkatNya atas hidup kita.

MENGUCAP SYUKUR DALAM SEGALA HAL INILAH YANG MENDATANGKAN SUKACITA DALAM HIDUP KITA.

***Pesan Tuhan dalam HUT gereja kita tahun ini adalah: The Rise of the Mighty Men / Kebangkitan para pahlawan:
Butuh orang dengan jiwa pahlawan untuk bisa melihat bahwa hal-hal yang jelek yang terjadi dalam hidup kita, bisa dipakai Tuhan untuk mendatangkan kebaikan.

Butuh orang dengan jiwa pahlawan untuk bisa mengucap syukur sekalipun setuasi dan keadaan sangat tidak baik.
Saya berdoa supaya Tuhan mengaruniakan jiwa pahlawan ini di dalam hati setiap jemaat dan pelayan Tuhan Keluarga Allah!

Sama seperti Gideon diubah Tuhan dari orang yang tidak berdaya menjadi pahlawan yang gagah berani, demikian pula, Tuhan akan membangkitkan setiap orang di tempat ini menjadi pahlawan-pahlawan yang tangguh, yang bisa mengucap syukur, dan diurapi Tuhan untuk melakukan perkara-perkara besar.

III. KEMBANGKAN KEBIASAAN MENGUCAP SYUKUR!!!

Sekarang kita semakin menyadari bahwa mengucap syukur itu adalah rahasia mengalami sukacita dan kunci untuk merubah hidup kita. Itu sebabnya kembangkan kebiasaan mengucap syukur!!! Ingat baik-baik: MENGEMBANGKAN KEBIASAAN MENGUCAP SYUKUR = HIDUP PENUH SUKACITA.

Daniel 6:11

INILAH KEBIASAAN DANIEL: 3X SEHARI IA BERLUTUT, BERDOA SERTA MEMUJI TUHAN. Itu sebabnya kembangkan kebiasaan mengucap syukur 3x sehari, maka kita akan menikmati kebahagiaan yang tidak habis-habisnya.
KEBIASAAN MENGUCAP SYUKUR INI PENTING SEKALI, SEBAB KITA HIDUP DI DUNIA YANG SUKA BERSUNGUT-SUNGUT.

Masih ingat kisah 10 orang kusta yang disembuhkan Tuhan Yesus?! Semuanya mengalami mujizat, semuanya dijawab doanya, tapi hanya 1 orang yang kembali untuk berterima kasih kepada Yesus, sedangkan yang 9 orang tidak tahu mengucap syukur.

Inilah gambaran dunia di mana kita hidup sekarang ini: dunia yang suka bersungut-sungut. KALAU KITA TIDAK MENGEMBANGKAN KEBIASAAN 3X SEHARI MENGUCAP SYUKUR, MAKA MUDAH SEKALI BAGI KITA UNTUK TERSERET DALAM ARUS SUNGUT-SUNGUT DUNIA INI.

Coba renungkan: HAL-HAL APA DALAM HIDUP KITA YANG TADINYA BEGITU MEMBUAT KITA BERSEMANGAT, TAPI SEKARANG MALAH MEMBUAT KITA BERSUNGUT-SUNGUT?! Ini yang terjadi pada Bangsa Israel: Tadinya mereka begitu ingin keluar dari Mesir, tapi setelah Tuhan jawab doa mereka dan mereka bisa keluar dari Mesir, mereka mulai menghadapi tantangan dan masalah dalam perjalanan mereka. Dalam sekejab mata, ucapan syukur mereka berubah menjadi sungut-sungut, dan mereka mau balik lagi ke Mesir.

Mengapa ucapan syukur cepat sekali berubah menjadi sungut-sungut? Sebab SIFAT ALAMI MANUSIA, KALAU TIDAK DIKENDALIKAN OLEH ROH KUDUS, AKAN SELALU MELENCENG PADA YANG NEGATIF.
Ingat baik-baik: UCAPAN SYUKUR MENAMBAHKAN KEKUATAN, SEDANGKAN SUNGUT-SUNGUT MENAMBAHKAN KELEMAHAN.

Gara-gara suka bersungut-sungut, maka perjalanan dari Mesir ke Tanah Perjanjian yang seharusnya bisa ditempuh oleh Bangsa Israel selama 11 hari, menjadi perjalanan 40 tahun, dan akhirnya binasa di padang gurun. Memang kita tidak akan mati kalau kita bersungut-sungut, tapi sesungguhnya SUNGUT-SUNGUT AKAN MENGHALANGI BERKAT TUHAN atas hidup kita. Kita harus mengerti: BERSUNGUT-SUNGUT ADALAH DOSA DAN MEMBUKA PINTU BAGI IBLIS UNTUK MERUSAK HIDUP KITA.

JIKA KITA ADALAH ORANG YANG SUKA BERSUNGUT-SUNGUT, MENGAPA TUHAN HARUS MENJAWAB DOA KITA DAN MEMBERIKAN LEBIH BANYAK HAL LAGI YANG NANTIKAN JUGA AKAN KITA COMPLAIN LAGI? Mulai hari ini buang sungut-sungut itu dan belajar untuk mengucap syukur! TEMUKAN SESUATU YANG BAIK DARI ISTRIMU, PEKERJAANMU, GEREJAMU, ANAK-ANAKMU, DST UNTUK BISA ENGKAU SYUKURI! DAN MENGUCAP SYUKURLAH 3X SEHARI!!!

JADI FOKUSNYA BUKAN SEKEDAR UNTUK TIDAK BERSUNGUT-SUNGUT, TAPI UNTUK MENGUCAP SYUKUR.
Oleh karena itu, PENTING SEKALI BERBICARA POSITIF PADA SAAT SITUASI NEGATIF. Mengapa? Sebab MUJIZAT ITU ADA DI MULUT KITA!!!

Roma 10:8-10

Memang kadang mau tidak mau kita perlu cerita masalah kita, akan tetapi dalam cerita tersebut, kita harus berkata “TETAPI TUHAN…” BELAJARLAH UNTUK MEMBUAT HAL NEGATIF BESAR MENJADI KECIL, DAN HAL POSITIF KECIL MENJADI BESAR!!! Sebab mujizat itu ada di dalam mulut kita! Kalau kita berani memperkatakannya, maka Tuhan akan mengerjakannya sesuai dengan iman kita.

Ayat rhema HUT gereja kita tahun ini adalah Yoel 3:9-10!!!

Ini pesan Tuhan bagi kita semua: Biarlah orang yang tidak berdaya berkata Aku ini Pahlawan!!! Bagi Anda yang sekarang merasa lemah, katakan: Aku kuat!!! Bagi Anda yang miskin, katakan: Aku diberkati! Bagi Anda yang sakit, katakan: Aku sembuh!

Inilah perkataan pahlawan-pahlawan yang akan dipakai oleh Tuhan untuk membangun, meneguhkan, menguatkan, dan menyelamatkan. Saat kita mengucap syukur, maka mujizat akan terjadi! Saat kita mengucap syukur, maka situasi kondisi akan berubah! Saat kita mengucap syukur, maka sukacita kita meluap-luap!!!

Teruslah belajar untuk mengucap syukur sebab ada sukacita yang luar biasa lewat ucapan syukur dan banyak hal di luar pikiran kita yang akan Tuhan kerjakan ketika kita terus belajar bersyukur!!!

Renungan Keluarga Allah (ReKA)

[otw_bm_vc otw_blog_list=”2″]