KRISIS MEMBUAT KITA KREATIF DAN BERPIKIR INOVATIF

RHEMA HARI INI

2 Korintus 4:16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Sebelum pandemi, Lulu dan sahabatnya Tasya, sering mengikuti Fun Run yang diadakan oleh berbagai sponsor. Meskipun Lulu dan Tasya hanya ikut untuk bersenang-senang, tetapi hadiah uang dalam jumlah yang cukup besar, membuat beberapa peserta berlomba menjadi yang tercepat sampai ke garis finish. Dari semua pelari, Tasya mengamati, para pelari luar negeri berkulit hitamlah yang paling cepat dan kuat larinya. Sampai terengah-engah kehabisan nafas, Tasya tak pernah berhasil menyamai kecepatan lari mereka. Lulu yang melihatnya, mengomentari Tasya sambil tertawa, “Sya, kamu tidak mungkin menang lawan mereka, karena mereka latihannya sambil dikejar singa.”

Apa yang Lulu katakan mungkin terdengar konyol, tetapi manusia memang bisa mengeluarkan potensi terbesarnya saat dalam keadaan terjepit. Seorang yang tidak pernah berolahraga, bisa mendadak menjadi pelari cepat ketika dikejar anjing. Atau bisa melompati pagar setinggi 4 meter tanpa ancang-ancang saat kondisi jiwanya terancam. Hari ini kita mungkin bertanya-tanya, mengapa Tuhan mengijinkan terjadinya pandemi begitu lama, sehingga semua umat manusia mengalami krisis berkepanjangan. Salah satu tujuan Tuhan adalah INOVASI. Tanpa krisis, manusia seringkali sukar untuk maju. Manusia akan terjebak dalam zona nyaman dan tidak mengalami perubahan. Justru karena ada krisislah, manusia akhirnya mau tidak mau harus berpikir kreatif dan berubah serta berinovasi.

Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar secara cepat bagi negara kita menuju era digitalisasi. Pendiri Institute of Social Economic Digital, Sri Adiningsih mengatakan, “Indonesia pada dasarnya membutuhkan waktu sekitar 10 tahun lagi untuk bertransformasi ke digital. Namun pandemi justru memaksa transformasi itu terjadi lebih cepat.“ Oleh sebab itu, mari kita merubah cara pandang kita tentang krisis. Tuhan bukan hendak mencelakakan kita, namun Tuhan ingin agar kita semakin berkembang dan memaksimalkan potensi yang telah Tuhan berikan pada setiap kita. Jangan takut untuk mencoba dan belajar sesuatu yang baru, sebab Tuhan menyertai dan berkat-Nya yang tidak pernah terputus akan membuat kita justru lebih kuat dari sebelum krisis. (PF)

RENUNGAN

Sadarilah bahwa KARENA KRISISLAH, manusia mau tidak mau harus berpikir KREATIF dan berubah serta BERINOVASI.

APLIKASI

1. Menurut Anda, mengapa Tuhan membiarkan krisis terjadi?
2. Hal-hal kreatif dan inovasi apakah yang Anda temukan dalam krisis yang terjadi saat ini?
3. Bagaimana cara Anda untuk terus mengasah kreatifitas dan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pekerjaan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terimakasih Engkau telah banyak mengajari kami melalui krisis ini. Tolong kami Tuhan, untuk bisa melihat peluang dan berpikir kreatif. Beri kami hikmat agar kami dapat membuat inovasi yang sesuai dengan rencana-Mu. Kami percaya krisis ini tidak akan mengalahkan kami, tetapi justru membuat kami semakin diberkati dan menjadi berkat. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!