Kuasa Doa Berkat

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 22-24
Yohanes 8:28-59

BACAAN HARI INI

Kejadian 25:29-34

RHEMA HARI INI

Kejadian 25:32 Sahut Esau: “Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?” Kata Yakub: “Bersumpahlah dahulu kepadaku.” Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.

Steven tidak suka menghadapi macetnya lalu lintas saat ibadah selesai. Ia pun selalu buru-buru mengajak istri dan anak-anaknya pulang setelah mengumpulkan persembahan. Berbeda dengan keluarga Steven, Ryan dan keluarganya tetap tinggal sampai ibadah selesai. Dengan penuh semangat, Ryan selalu mengaminkan setiap doa-doa berkat yang dilontarkan hamba Tuhan di akhir ibadah. Sampai suatu ketika, perusahaan tempat Steven dan Ryan bekerja mengalami goncangan yang luar biasa. Rumor PHK pun segera tersebar. Dalam keadaan seperti itu, Steven tetap menjalani kebiasaannya pulang lebih awal saat ibadah, sedangkan Ryan tetap setia sampai akhir. Ia percaya, doa-doa berkat itu berkuasa untuk melepaskannya dari keadaan sulit. Singkat cerita, saat perusahaan mengumumkan nama-nama karyawan yang akan tetap dipertahankan, Ryan termasuk salah satunya, sedangkan Steven diberhentikan.

Saat Esau meminta sup kacang merah kepada Yakub, Yakub tidak meminta masakannya ditukar dengan emas atau tanah. Ia hanya meminta hak kesulungan Esau. Yakub paham benar, dengan memiliki hak kesulungan berarti ia memiliki hak atas berkat dari ayahnya yang lebih berharga dari sekedar harta. Berkat yang tidak akan pernah ada habis-habisnya. Esau yang menyepelekan hak kesulungan itu segera memberikannya kepada Yakub tanpa berpikir panjang. Setelah menyadari kuasa dari doa berkat itu, Esau pun akhirnya menyesali perbuatannya.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita memiliki kehausan yang sama seperti Ryan dan Yakub akan doa-doa berkat, atau malah kita menganggapnya tidak penting? Jika selama ini kita menyepelekan doa berkat, di akhir tahun ini segeralah berkomitmen untuk setia menantikan setiap doa berkat. Jangan sampai kita menyesal seperti Esau. Milikilah hati seperti Ryan dan Yakub supaya di tahun yang baru nanti, kita boleh menikmati anugerah demi anugerah yang melimpah.

RENUNGAN

Pahami betapa PENTINGNYA DOA BERKAT, sebab dalam menjalani hidup ini kita membutuhkan KEKUATAN ROHANI.

APLIKASI

1. Apakah Anda termasuk orang menantikan doa berkat di akhir ibadah? Mengapa demikian?
2. Apakah Anda menyadari kuasa dari doa berkat yang sering kita terima?
3. Apa komitmen Anda setelah menyadari kuasa dari doa berkat?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih untuk anugerah yang melimpah yang sudah Engkau sediakan bagi kami lewat doa berkat. Mulai saat ini kami mau berkomitmen untuk tetap setia mengikuti ibadah sampai akhir sehingga kami boleh mengalami kuasa dari doa berkat. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”