Kuasa Tuhan Bekerja Dalam Kelemahan Kita

BACAAN HARI INI

2 Korintus 12:1-10

RHEMA HARI INI

2 Korintus 12:9-10 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Ludwig Van Beethoven terserang penyakit telinga menjelang usia 30 tahun, akibatnya ia menjadi tuli secara total. Bayangkan bagaimana terpukulnya seorang komponis lagu kalau ia menjadi tuli. Dalam kesedihannya ia menulis, “Aku merasa sepi, sangat sepi. Tetapi aku merasa Tuhan dekat.” Beethoven banyak membaca buku renungan, dan buku kegemarannya adalah Imitatio Christi (artinya: Meniru Kristus) karangan Thomas A Kempis. Beethoven juga tahu bagaimana harus berdoa, dan hubungannya dengan Allah sangatlah dalam dan pribadi. Di tengah-tengah rasa frustasi dan kecil hati, Ludwig Van Beethoven berpaling kepada Allah, sang sumber kekuatan itu, sehingga ia bisa berkata, “Aku menempatkan seluruh keyakinanku di dalam kebaikanMu yang kekal, ya Allah! Jiwaku akan bersukacita di dalam Engkau, zat yang abadi. Jadilah gunung batuku, terangku, kepercayaanku selama-lamanya!” Walaupun Beethoven tuli, namun ia tetap produktif sepanjang hidupnya dengan menghasilkan begitu banyak simfoni, oratorio, opera dan sonata piano yang menakjubkan.

Betapa seringnya kita hanya terfokus memandang keterbatasan dan kekurangan kita. Kita mengeluh atas kelemahan, atas apa yang tidak kita punya dan mengabaikan kelebihan kita, melupakan apa yang kita punya.  Kita merasa percuma dalam berjuang sehingga kita mudah menyerah karena terlalu sibuk memandang segala keterbatasan kita.

Padahal, kelemahan kita, ketidak-sanggupan kita, keterbatasan, kekurangan bahkan ketidaklengkapan kita secara fisik sekalipun bisa dipergunakan Tuhan untuk menyatakan kuasaNya. Tuhan mampu memenuhi kita dengan kekuatan yang berasal daripadaNya sehingga dengan segala keterbasan kita, apa yang masih kita punyai tetap bisa dipakai untuk hal-hal yang baik dan luar biasa.

Kita akan terus bertumbuh dalam kekuatan, semangat, dan sukacita jika kita terus membangun hubungan dengan Bapa di Surga. Berhentilah berfokus terhadap kelemahan, tetapi maksimalkan terus apa yang ada pada kita. Tuhan mampu memberkati kita secara luar biasa lewat apapun yang ada pada kita hari ini, dan Dia sanggup memakai itu untuk menyatakan kuasa-Nya atas hidup kita.

RENUNGAN

Justru dalam KELEMAHAN, kuasa Tuhan menjadi SEMPURNA.

APLIKASI

  1. Kelemahan apa yang ada pada Anda yang sering membuat Anda takut atau kuatir untuk maju?
  2. Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, ampuni kami jika seringkali kami meragukan Engkau hingga kami membatasi diri kami. Sekarang kami percaya bahwa dibalik kelemahan kami ada kuasaMu yang ajaib dan siap menolong kami hingga kami dapat melakukan hal yang dahsyat bersamaMu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 23-25