KUNCI MEMBANGUN PERGAULAN DENGAN ROH KUDUS

RHEMA HARI INI

Mazmur 25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Tak kenal maka tak sayang, begitu kata peribahasa. Perlu kenal terlebih dahulu, barulah timbul rasa sayang. Untuk mengenal seseorang, pertama-tama kita perlu berkomunikasi dengannya. Lalu untuk meningkatkannya menjadi hubungan yang lebih dekat, dibutuhkan waktu, proses dan usaha untuk semakin mengenalnya. Sama dengan cara membangun hubungan antara sesama manusia, demikian pula jika kita ingin membangun pergaulan dengan Pribadi Roh Kudus. Komunikasi adalah kunci yang utama. Komunikasi yang intens dan tidak terputus-putus.

Ada banyak orang yang mengalami pasang surut hubungan dengan Roh Kudus. Bahkan ada yang memutuskan hubungan dengan Roh Kudus karena kecewa akan sesuatu. Dimulai dengan merasa jenuh berdoa serta membaca firman Tuhan, lalu semakin jarang melakukannya. Ada juga yang masih tetap membaca Alkitab, tapi sebenarnya sudah kehilangan gairah atau tidak lagi merasa mendapatkan apa-apa. Hubungan pun menjadi dingin, tak ada lagi keintiman dengan Roh Kudus. Seperti halnya pada manusia, tanpa pengenalan yang baik tak akan muncul ikatan rasa sayang atau rasa cinta yang mendalam. Tanpa mengenal siapa dan bgaimana Roh Kudus yang sesungguhnya, kita akan mudah mengalami pasang surut dalam membangun hubungan dengan-Nya. Terkadang Dia terasa dekat, tapi ada kalanya terasa jauh. Apakah Roh Kudus memang suka datang dan pergi dari hidup kita? Jawabannya, tentu tidak!

Dalam Alkitab ada tertulis, TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka. Roh Tuhan bukanlah Roh yang tidak bisa kita jangkau. Dia bukan berada nun jauh disana, melainkan Roh Kudus ada dalam hati setiap orang yang percaya. Roh Kudus pun sangat bersukacita, jika kita sungguh-sungguh menyadari keberadaan-Nya. Menyapa-Nya, mengajak-Nya bicara dan berdiskusi, dan mengajak-Nya serta dalam setiap kegiatan yang kita lakukan. Ketika kita sungguh-sungguh membangun pergaulan dengan Roh Kudus, kita pun akan semakin dalam mengenal-Nya dan semakin mencintai-Nya. Di tahun Roh Kudus ini, Dia siap dan rindu menantikan kita datang mendekat kepada-Nya, supaya Dia bisa berkarya sepenuhnya dalam hidup kita.

RENUNGAN

Kunci MEMBANGUN PERGAULAN dengan Roh Kudus adalah KOMUNIKASI dengan Roh Kudus.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda mengalami pasang surut dalam membangun hubungan dengan Roh Kudus?
2. Hal apa yang terkadang membuat Anda sulit untuk menjalin komunikasi dengan Roh Kudus?
3. Komitmen apa yang Anda buat untuk bisa terus intim dengan Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI

Allah Roh Kudus, terimakasih untuk firman-Mu siang hari ini, yang kembali mengingatkan kami untuk terus membangun pergaulan dan komunikasi yang intim dengan-Mu. Sehingga dalam kondisi dan keadaan apapun, kami tetap teguh dan terus berjalan dalam rencana dan janji-Mu yang besar atas hidup kami. Terimakasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!