KUNCI MENGALAMI KEMULIAAN LEBIH BESAR (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Raja-Raja 1-3
Lukas 24:1-35

BACAAN HARI INI
Zakharia 4:1-10

RHEMA HARI INI
Zakharia 4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: “Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

Beberapa hari setelah peringatan kelahirannya yang ke-200, Abraham Lincoln tetap tercatat sebagai presiden Amerika Serikat terbaik. Kesimpulan ini dibuat oleh 65 sejarawan Amerika. Keberhasilan dan kepopuleran Abraham Lincoln tidak terlepas dari kesadarannya untuk selalu mengandalkan Tuhan dan pertolongan Roh Kudus dalam setiap keputusan yang diambilnya. Pernah di suatu hari, seorang yang cukup dekat dengannya tidak sengaja mendengar suara orang berbicara dari dalam kamar Lincoln. Ia pun melihat sang presiden berlutut di samping tempat tidurnya dan berdoa dengan sepenuh hati, “Tuhan Yesus, tolong saya; Roh Kudus, pimpin saya untuk menjalankan pemerintahan atas negara yang besar ini.”

Sepotong kisah dalam bacaan hari ini pun mengingatkan kita betapa kita membutuhkan pertolongan Tuhan dalam pekerjaan-pekerjaan besar yang kita lakukan. Zerubabel adalah seorang gubernur luar biasa yang dipilih Tuhan untuk pembangunan kembali Bait Suci yang ke-2 di Yerusalem. Namun, pekerjaan itu segera terhenti karena berbagai pertentangan dari banyak pihak. Meski demikian, gunung permasalahan sebesar apa pun dapat diratakan oleh Tuhan. Pembangunan pun kembali dimulai dan diselesaikan oleh Zerubabel. Tepat seperti yang dinubuatkan Tuhan melalui Zakharia. Bukan karena kepandaian atau pengaruh besar Zerubabel, tetapi hanya karena kuasa Tuhan.

Ya, sebesar apa pun iman kita ataupun kerja keras kita, semua itu akan menjadi sia-sia bila kita kerjakan dengan kekuatan kita sendiri. Hanya dengan melibatkan, dan terlebih lagi, mengandalkan Roh Kudus, kita bisa mengalami terobosan besar yang kita nanti-nantikan. Sekarang pun masih belum terlambat. Bulan Desember ini adalah waktunya kita berjuang sekuat tenaga. Bekerja, belajar, dan melayani lebih giat lagi. Selagi masih siang, mari gunakan kesempatan sebaik mungkin. Percayalah, saat kita menguatkan tekad dan bangkit beraktivitas bersama Roh Kudus, kemuliaan Tuhan yang lebih besar lagi akan dimanifestasikan atas kita. Yesaya 60 terjadi dalam hidup kita, dan kita mengalami tahun kemuliaan Tuhan yang cemerlang.

RENUNGAN
KEMULIAAN YANG LEBIH BESAR hanya bisa kita alami ketika kita hidup dan bekerja dengan MENGANDALKAN ROH KUDUS.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengandalkan Roh Kudus dalam pekerjaan yang Anda lakukan?
2. Mengapa Anda perlu mengandalkan Roh Kudus?
3. Bagaimana Anda bisa mengandalkan Roh Kudus lebih lagi dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami mengucap syukur karena kami memiliki Engkau, Allah yang berkuasa dan sanggup melakukan segala sesuatu. Ajari kami untuk dapat mengandalkan-Mu dalam segala hal, sehingga kami boleh mengalami pembalikan di akhir tahun ini. Semua kekelaman dalam hidup kami, Kau ubahkan menjadi terang kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”