LAWAN KEDAGINGAN DENGAN MENGUATKAN MANUSIA ROH

RHEMA HARI INI

Galatia 5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Karena dampak kegiatan belajar mengajar di sekolah yang dilakukan secara online, usaha berjualan makanan di pagi hari milik Erlin mulai menghadapi kesulitan. Pelanggan-pelanggan Erlin yang mayoritas ibu-ibu yang menyediakan bekal untuk anak mereka bersekolah, menjadi jauh berkurang. Karena itu ia pun beralih berjualan di sore hari sampai menjelang tengah malam. Erlin yang biasanya bangun jam 4 pagi, kini berubah jadwal tidurnya karena ia baru bisa beristirahat menjelang dini hari. Hal ini menjadi satu masalah tersendiri bagi Erlin, sebab ia mengambil pelayanan paling pagi di ibadah raya gerejanya. Erlin tidak berani memaksakan diri, sebab ia khawatir akan jatuh tertidur saat ibadah berlangsung.

Tak terasa hampir 4 bulan Erlin hanya bisa mengikuti ibadah secara online. Ada perasaan kering dan sesuatu yang hilang dari hati Erlin. Ia rindu merasakan jamahan Tuhan secara langsung di ibadah onsite. Erlin menyadari bahwa tidak baik jika keadaan ini terus berlangsung. Ia pun memutuskan untuk berkomitmen mengatur kembali jadwalnya agar ia bisa bangun lebih pagi dan membangun hubungan dengan Tuhan melalui saat teduh. Erlin percaya, Tuhan akan buka jalan agar ia bisa segera kembali melayani di ibadah pagi.

Situasi dan kondisi yang sedang terjadi, terkadang membuat kita menjauh dari hadirat Tuhan. Tanpa kita sadari, perlahan roh kita menjadi kering. Saat itulah, kita menjadi lemah dan kompromi terhadap kedagingan. Kita mulai tidak beribadah, mundur dari pelayanan, mengendurkan saat teduh pribadi dan melonggarkan hubungan pribadi kita dengan Roh Kudus. Semua ini membuat roh kita justru bertambah kering. Firman rhema kita hari ini mengingatkan agar jangan mengikuti kedagingan kita, tetapi lawanlah dengan menguatkan manusia roh kita. Gerakan doa puasa 21 hari yang dimulai minggu ini adalah kesempatan baik untuk membangkitkan roh kita kembali. Mungkin awalnya kita perlu memaksa diri kita untuk berdisplin, tetapi mari, bulatkan tekad dan ikuti doa puasa sampai akhir. Roh kita akan dikobarkan kembali dan kita akan melihat kebangkitan-kebangkitan yang belum pernah kita alami sebelumnya dalam berbagai aspek kehidupan kita. (PF)

RENUNGAN

Janganlah mengikuti KEDAGINGAN kita, sebaliknya lawanlah dengan MENGUATKAN MANUSIA ROH kita.

APLIKASI

1. Apa yang Anda rasakan ketika manusia roh Anda sedang lemah?
2. Kedagingan apa yang seringkali sulit untuk Anda lawan?
3. Apa keputusan Anda untuk melawan kedagingan dan menguatkan kembali manusia roh Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampuni kami jika kami sempat menjauh dari hadirat-Mu karena aktivitas kami. Tolong kami untuk melawan kedagingan kami, beri kami tekad yang teguh untuk berdisiplin membangun dan menguatkan manusia roh kami kembali. Terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!