Libatkan Tuhan Dalam Setiap Usaha Kita

BACAAN HARI INI
Yesaya 41:8-20

RHEMA HARI INI
Yesaya 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

One touch of Gods favor is worth more than a lifetime of labor, satu sentuhan kebaikan Tuhan itu lebih dari pada kerja keras seumur hidup. Kutipan ini terjadi dalam kehidupan seorang jemaat gereja kita di Jogjakarta. Sepasang suami istri yang mempunyai perusahan EO, nyaris gulung tikar karena tertipu oleh klien. Juga karena tunggakan pembayaran dari klien-klien lain yang jumlahnya mencapai milyaran. Semua aset sudah mereka jual untuk menutup pembayaran pada para vendor, sampai-sampai untuk memulai usaha baru mereka sudah tidak punya modal. Natal tahun lalu sang suami didoakan oleh pastor Nita dan di doa pengurapan awal tahun ini, mereka minta didoakan oleh pastor Jonatan. Saat itulah mereka menerima rhema dalam Filipi 4:19.

Mereka sungguh-sungguh Imani dan doakan, bisnis mereka pun mulai dipulihkan. Perusahaan mereka mendapat pesanan event, penuh sampai tahun depan. Salah satu dukungan Ilahi yang mereka alami adalah  saat ada event Honda di Ambarawa yang diikuti oleh 24 ribu kendaraan. Cuaca mendung sangat gelap, biasanya mereka memakai jasa pawang hujan untuk even-even besar out door semacam itu. Tapi kali ini mereka mau mengandalkan Tuhan, mereka percaya apa sulitnya mengendalikan cuaca bagi Sang Pencipta langit dan bumi. Melalui sambungan telepon, sang suami, istri dan ibunya, bersatu hati berdoa mohon pertolongan Tuhan. 10 menit setelahnya, cuaca terang benderang tanpa awan mendung sedikitpun, sehingga event tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Jangan kita berjuang sendirian, andalkan dan libatkan Tuhan dalam setiap usaha kita. Tanpa anugerah Tuhan, maka semuanya begitu terbatas bahkan akhirnya sia-sia. Tanpa dukungan Tuhan, maka semua akan berjalan begitu berat. Yang kita butuhkan adalah kasih karunia Tuhan dan dukungan dari sorga. Berita baiknya adalah, Tuhan yang kita sembah, adalah Tuhan yang sangat baik. Dia sangat mau terlibat dan mendukung setiap usaha kita. Satu sentuhan kebaikan Tuhan, sudah cukup untuk mengubah jalan hidup kita. Ingatlah ayat rhema kita hari ini, Yesaya 41:10, jika ketakutan dan kecemasan melanda kita. Tuhan kita yang teramat baik, mau terus menerus menyentuh hidup kita dengan kebaikan. Lagi,lagi,lagi dan lagi sampai anugerah-Nya melimpah atas hidup kita. (PF)

RENUNGAN
Jangan berjuang sendirian, TUHAN sangat MAU TERLIBAT dan MENDUKUNG setiap upaya kita.

APLIKASI
1.    Pernahkah Anda berusaha sendirian tanpa melibatkan Tuhan? Mengapa?
2.    Apa yang Anda alami dan rasakan saat Anda berusaha sendirian?
3.    Setelah Anda melibatkan Tuhan dalam usaha Anda, perbedaan apa yang Anda dapatkan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami telah mengalami dan merasakan, bahwa tanpa dukungan-Mu segala usaha kami begitu mengecewakan, bahkan sia-sia. Mulai sekarang, kami undang Engkau untuk masuk dan terlibat dalam setiap usaha kami. Engkaulah pemilik usaha kami, pimpin setiap langkah kami dan jadikanlah usaha ini berkat bagi kerajaan Allah dan sesama kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.