Makanan Yang Baik dan Sehat Bagi Kita

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 17 Maret 2017

BACAAN HARI INI

Amsal 14 : 6-16

RHEMA HARI INI

Amsal 14:12 Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Manusia sekarang ini cenderung menyukai hal-hal yang bersifat instan. Salah satunya dalam hal makanan. Bukan hanya mi, atau makanan dan minuman kemasan, sekarang ini sayur dan lauk pauk instan pun banyak ditawarkan. Memang semua itu enak, cepat dan praktis, bahkan bisa jadi murah. Namun, pertanyaannya, apakah makanan-makanan tersebut menyehatkan? Sudahkah kita benar-benar menyadari apa saja yang terkandung dalam berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi tersebut?

Coba kita renungkan, orang-orang zaman dahulu cenderung memiliki usia yang lebih panjang daripada zaman sekarang. Zaman dulu, mereka biasa memakan makanan yang alami, yang langsung mereka ambil dari kebun atau daging potongan tanpa melalui banyak proses pengolahan. Manusia sekarang lebih banyak mengonsumsi daging maupun sayuran yang melalui proses pengolahan pabrik. Baik itu produk beku maupun kalengan. Padahal makanan-makanan ini, selain tidak lagi segar, gizinya pun telah berkurang atau bahkan hilang dalam proses pengolahan; digantikan oleh berbagai zat buatan manusia. Mereka menganggapnya sebagai suatu kewajaran bila para pelaku industri makanan menambahkan bumbu-bumu kimiawi untuk meningkatkan cita rasa, atau pewarna dan pengawet agar terlihat lebih menarik serta tahan lama. Mereka seakan tidak menyadari bahwa makanan-makanan tersebut bisa menjadi berbahaya dalam efek jangka panjangnya. Yang apabila kita konsumsi secara berlebihan atau terus-menerus dapat menyebabkan sakit-penyakit bagi tubuh kita.

Bijaksanalah dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi. Kurangi dan kalau bisa hindarilah makanan-makanan tersebut. Sebisa mungkin makan makanan sebagaimana Tuhan ciptakan sebelum makanan tersebut diolah, diubah atau diproses; sehingga mengubah kandungan gizinya menjadi sesuatu yang manusia pikir lebih baik, tetapi ternyata membahayakan. Jagalah kesehatan atas tubuh yang Tuhan percayakan kepada kita. Jika kita mau mendengarkan dan mengikuti petunjuk firman-Nya tentang makanan, maka Tuhan akan menjauhkan sakit-penyakit dari kita. Kesehatan pun akan Dia limpahkan ke dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN

SEMAKIN SEDIKIT DIOLAH DAN DITAMBAH dengan bermacam bahan lainnya, SEMAKIN BAIK DAN SEHAT makanan itu bagi kita

APLIKASI

  1. Apakah Anda biasa lebih suka memakan makanan instan? Mengapa?
  2. Mengapa makanan yang diolah dan ditambah dengan berbagai macam bahan lainnya tidak baik bagi tubuh kita?
  3. Apakah Anda mau berkomitmen untuk mengubah kebiasaan Anda dalam memilih makanan yang tidak baik ? Langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil untuk itu?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, terima kasih untuk makanan dan minuman yang sudah Engkau sediakan bagi kami. Ajari kami untuk memilih makanan yang menyehatkan bagi tubuh kami, supaya kami lebih bijaksana dalam memilih makanan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 18-22