Makin Berhikmat Saat Krisis

BACAAN HARI INI
Mazmur 119: 1-176

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:143 Aku ditimpa kesesakan dan kesusahan, tetapi perintah-perintah-Mu menjadi kesukaanku.

Sebagian besar masyarakat beranggapan, masa krisis ekonomi adalah waktu yang kurang tepat untuk mulai membangun bisnis. Anggapan itu terbukti salah. Sebab, lebih dari setengah daftar dari 500 perusahaan sukses yang dibuat oleh Majalah Fortune di America, justru lahir selama depresi atau resesi ekonomi. Berikut ini adalah contoh beberapa perusahaan yang mulai menjalankan bisnis atau menikmati kesuksesan, ketika perekonomian dunia justru tengah melemah:
1. Motorola: perusahaan ini mulai berdiri pada 1928, atau setahun sebelum depresi besar (great depresion) melanda Amerika Serikat.
2. Xerox: memulai bisnisnya pada 1906, atau selama berlangsungnya resesi akibat Perang Dunia Pertama.
3. Converse: didirikan pada 1908, saat berlangsungnya krisis perbankan atau Banker Crash yang bermula sejak 1907.
Selain perusahaan-perusahaan yang meraih sukses di era resesi ekonomi AS, banyak perusahaan yang juga muncul ketika ekonomi negara tersebut tengah menurun. Contoh terbaru dari perusahaan itu adalah FedEx dan Microsoft yang lahir selama era stagflasi (situasi ekonomi dimana inflasi muncul dari kombinasi stagnasi ekonomi dan turunnya produksi dan tenaga kerja) pada tahun 1970-an. Di sektor media: CNN, US Today serta MTV, memulai bisnisnya di tengah turunnya perekonomian di awal tahun 1980-an. (sumber: http://bisnis.news.viva.co.id/)

Krisis yang sama, ternyata bisa menghasilkan keadaan yang berbeda. Semuanya tergantung dari bagaimana kita meresponi dan menangani dengan benar setiap tantangan atau hambatan yang terjadi dalam hidup kita. Yang satu hancur, sementara yang lain bisa mengalami kemajuan bahkan terobosan.

Itu sebabnya penting sekali bagi kita untuk senantiasa memohon hikmat dari Tuhan supaya kita bisa menangani dengan benar krisis yang sedang terjadi dalam hidup kita. Saat kesesakan, berpeganglah pada Firman Tuhan, maka Firman itu akan menuntun kita sehingga kita menjadi lebih berhikmat untuk bisa menghadapi setiap tantangan yang ada, dan kita justru mengalami keberhasilan yang lebih besar melalui krisis yang terjadi.

RENUNGAN
Masa krisis adalah kesempatan untuk kita jadi makin berhikmat.

APLIKASI
1. Langkah apa yang akan Anda lakukan supaya bisa mendapatkan lebih banyak hikmat melalui krisis yang saat ini sedang terjadi ?

DOA UNTUK HARI INI
Terimakasih Tuhan atas tuntunan hikmat-MU yang luar biasa bagi kami. Kami percaya jaminan kemenangan dan keberhasilan menjadi bagian hidup kami. Haleluya, amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Bilangan 14-15
Mazmur 90