Mandat Untuk Membebaskan Bangsa

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 37-39
Kisah Para Rasul 26

BACAAN HARI INI

Yesaya 60:1-9

RHEMA HARI INI

Yesaya 60:2 Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.

Mati lampu, sebuah kondisi yang sangat tidak nyaman. Karena kegelapan yang mengelilingi kita, jarak pandang kita pun sangat terbatas. Kita jadi tidak leluasa bergerak dan tidak bisa melakukan banyak hal. Belum lagi kalau mati lampu berlangsung lama, hati kita jadi suram, jengkel, frustasi, sekaligus tak berdaya. Namun, begitu lampu menyala, terang langsung mengambil alih kegelapan. Sorakan lega dan kegembiraan segera terdengar.

Keberadaan terang di tengah kegelapan, sungguh merupakan hal yang menimbulkan harapan. Tiga puluh tahun sudah gereja kita menjadi terang dan berkat, menjadi sumber pengharapan bagi banyak orang. Sudah tak terhitung berapa banyak orang yang menerima keselamatan, menerima pemulihan, dan diubahkan hidupnya. Mujizat demi mujizat seperti tsunami melanda gereja kita sejak tahun 2019 kemarin. Namun ternyata itu belum seberapa, Tuhan punya rencana yang jauh lebih besar lagi untuk kita, gereja Tuhan.

Yesaya 60 yang diberikan Tuhan sebagai rhema tahun ini, sekaligus juga merupakan mandat bagi kita. Pada ayat dua, Tuhan memerintahkan kita untuk membebaskan kota, bangsa, dan negara kita dari kegelapan. Tuhan menugaskan kita untuk bangkit dan menjadi terang yang lebih besar lagi, sehingga makin luas daerah yang diterangi oleh sinar kemuliaan Tuhan. Untuk itu, Tuhan memperlengkapi kita dengan pengurapan yang sangat besar, yaitu anoiting for dominion atau pengurapan untuk berkuasa. Pengurapan yang dianugerahkan dengan maksud dan tujuan agar kita mengambil alih kota dan negara kita, bahkan sampai ke bangsa-bangsa dari cengkraman kegelapan yang mencekam, dan menggantikannya dengan terang kemuliaan Tuhan serta sorak-sorai kemenangan. (PF)

RENUNGAN

Sadarilah bahwa Tuhan MEMBERI MANDAT kepada kita untuk MEMBEBASKAN kota, bangsa, dan negara kita.

APLIKASI

1. Adakah kegelapan yang melingkupi di sekeliling Anda? Dalam hal apakah itu?
2. Apa maksud dan tujuan Tuhan memberikan mandat untuk menguasai kota, bangsa dan negara?
3. Bagaimana agar Anda bisa memancarkan sinar dengan lebih terang lagi?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih atas kepercayaan yang telah Kau berikan kepada kami. Kami percaya Tuhan, bila Engkau sendiri yang memerintahkan, maka Engkau juga yang akan memampukan dan memperlengkapi kami. Kami terima dengan iman, pengurapan, dan kuasa-Mu turun atas kami. Dengan penyertaan-Mu, kami akan bangkit, merebut dan mengambil alih, dari kegelapan menjadi terang Kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”