Manfaat Hati yang Memberi

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 02 September 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 7:36-50

RHEMA HARI INI

Lukas 7:38 Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu.

Thomas Samson adalah seorang penambang dari Wales. Setiap hari ia bekerja keras dengan jam kerja panjang dalam penambangan, kehidupan yang dekat dengan bahaya, dengan penghasilan yang tidak memadai. Suatu hari, mandor pertambangan itu menemui dia dan berkata, “Thomas, saya telah menemukan pekerjaan yang lebih mudah bagimu diatas tanah. Pekerjaanmu akan lebih ringan dan penghasilanmu akan lebih baik. Apakah kamu tertarik?” “Oh, tentu,” kata Thomas, “Saya sangat tertarik Pak, tapi maukah Anda mempertimbangkan untuk memberikan pekerjaan itu kepada sahabat saya Tregony? Dia tidak sekuat saya dan dia tidak bisa bekerja sekeras saya bekerja, saya takut bekerja di dalam pertambangan ini akan mempersingkat hidupnya dan saya akan kehilangan seorang sahabat. Mungkinkah ia mendapat pekerjaan itu?” Si mandor terkejut dan terharu akan kemurahan hati Thomas dan memberikan pekerjaan itu kepada Tregony. Thomas terus bekerja keras, dan ketika posisi di atas tanah lain terbuka, si mandor sekali lagi menawarkan kepada Thomas tentang pekerjaan itu, kali ini Thomas menerima tawaran tersebut. Thomas dan Tregony bekerja saling berdampingan selama dua dekade.

Hati memberi yang dimiliki oleh Thomas, mengesankan hati sang mandor, sehingga ketika datang lagi kesempatan yang baik, Thomas mendapatkan promosi yang sudah selayaknya ia terima.

Demikian juga ketika hati kita dipenuhi dengan kerinduan untuk memberi dan menjadi berkat bagi orang lain, maka hati Tuhan akan tesentuh dan IA akan mencurahkan berkat-Nya atas hidup kita. Ketika kita memberi dengan tulus dan sukacita, hati Tuhan disukakan dan itu akan membuat kita memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Sebab Tuhan mengasihi orang yang memberi dengan sukacita (2 Korintus 9:7b).

RENUNGAN

Hati yang memberi membuat kita semakin DEKAT DENGAN TUHAN.

APLIKASI

  1. Adakah hati yang memberi dalam hidup Anda?
  2. Melalui hati yang memberi itu, lihat bagaimana hubungan Anda dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa inilah komitmen kami, memiliki hati yang selalu memberi. Kami yakin dan percaya bahwa melalui hal ini hidup kami akan makin dekat denganMu. Dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Kejadian 46-47