Mata Menentukan Kehidupan

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 27 April 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 11: 33-36

RHEMA HARI INI

Lukas 11:34 Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu.

Seekor anak singa yang baru lahir, entah bagaimana, ditinggalkan begitu saja oleh induknya di pinggir hutan. Anak singa itu kemudian ditemukan oleh seorang gembala yang merawatnya bersama dengan domba-dombanya. Anak singa itu terus bertumbuh menjadi seekor singa muda yang gagah, tetapi dengan tabiat seperti seekor domba. Ketika mendengar auman singa di kejauhan, ia ikut lari terbirit-birit ketakutan layaknya seekor domba. Bahkan ketika melihat seekor singa, ia ikut-ikutan berlindung di belakang gembalanya.

Sampai suatu hari ia berada di pinggir sebuah danau, ia melihat bayangan dirinya di air. Di air yang tenang itu ia melihat gambar dirinya yang serupa dengan seekor singa, dan sangat berbeda dengan domba-domba yang selama ini menjadi teman hidupnya. Sejak itulah ia mengerti bahwa sesungguhnya dirinya bukanlah seekor domba, melainkan seekor singa. Ketika ia membuka mulutnya dan mengaum, terdengarlah auman seekor singa. Ketika ia berlari, ia bisa berlari kencang layaknya seekor singa. Saat itulah hidupnya berubah, dulu ia melihat dirinya sebagai seekor domba, tetapi sekarang ia melihat dirinya sebagai seekor singa yang kuat dan tidak perlu takut dengan apapun.

Apa yang kita lihat menentukan bagaimana hidup kita. Oleh karena itu, belajarlah untuk melihat dengan benar, pasanglah filter pada penglihatan kita untuk hanya melihat hal-hal yang benar dan mendatangkan dampak yang positif bagi hidup kita. Maka hidup kita akan dibangun ke arah yang positif dan doa-doa kita akan menjadi doa-doa yang penuh iman sehingga menyentuh hatinya Tuhan untuk menjawab doa-doa kita. Saat itulah kita akan mengalami anugerah yang sangat besar dari Tuhan.

RENUNGAN

Lihatlah yang baik, sebab apa yang kita lihat MENENTUKAN bagaimana hidup kita.

APLIKASI

  1. Bagaimana Anda akan memakai kuasa melihat yang baik dalam doa-doa Anda?
  2. Bagaimana kuasa melihat yang baik sudah membawa dampak yang positif bagi hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tolong kami ya Tuhan, supaya kami bisa senantiasa menjaga penglihatan kami, untuk melihat segala hal yang baik yang Engkau nyatakan dalam hidup kami. Biar apa yang baik, yang manis, yang suci, yang sedap didengar dan yang patut dipuji, itulah yang menguasai hati dan pikiran kami setiap waktu. Sehingga ada kekuatan serta damai sejahtera yang selalu mengikuti hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ezra 4-6, Mazmur 137