Mati Untuk Bertumbuh

reka-musim-4seninRHEMA HARI INI
Yohanes 12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.

Seorang Kristen yang dilahirkan di sebuah rumah kayu, mengunjungi rumah masa kecilnya yang telah 35 tahun
lamanya ia tinggalkan. Saat memasuki rumah kayu yang terlantar itu, ia teringat bahwa ketika masih kecil ia pernah menanam beberapa biji kenari disepanjang tepi sungai yang mengalir melalui tanah pertanian itu. Pada saat berjalan ke arah sungai, ia mendapati sebaris pepohonan kenari yang sangat menawan. Kemudian ia teringat bahwa ia juga pernah menyimpan beberapa biji kenari di loteng. Karena ingin tahu apa yang terjadi dengan kenari itu, maka ia pun naik ke loteng yang gelap dan meraba-raba ke pojok loteng sampai ia menemukannya. Alangkah jauh bedanya! Kenari-kenari yang disimpannya di loteng menjadi kering dan tertutup debu, sedangkan bebijian yang ditanamnya telah menjadi pohon-pohon hijau yang rindang!

Seketika itu juga kata-kata Yesus muncul dalam benaknya dalam pengertian yang baru: “Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh kedalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah” (Yohanes 12:24) Yang dimaksudkan Tuhan adalah kematian-Nya sendiri tatkala Dia berkata demikian. Namun hal itu berlaku juga bagi orang-orang percaya. Bila kita tidak mau “mati” terdapat keinginan diri sendiri yang egois, kita akan “tetap satu biji saja.” Dengan kematian Kristus di kayu salib bagi dosa manusia dan dengan kematian orang Kristen terhadap dosanya sendiri, maka berlakulah prinsip yang sama: Dalam kematian ada kehidupan! Kita mati bila kita hidup untuk diri sendiri, kita hidup bila kita mati terhadap diri sendiri. Musim gugur adalah saatnya segala sesuatu yang tidak baik dalam hidup kita digugurkan, dirontokkan, dibersihkan, sehingga kita bisa bertumbuh makin baik bagi kemuliaan Tuhan.

RENUNGAN
Musim gugur adalah saatnya segala yang tidak baik dimatikan sehingga kita bertumbuh dalam kemuliaan-Nya.

APLIKASI
1. Adakah hal-hal tidak baik yang harus gugur dari hidup Anda saat ini?
2. Langkah nyata apa yang akan Anda lakukan dalam menanggapi musim gugur dalam hidup Anda ini dengan benar?

DOA UNTUK HARI INI
Terimakasih Tuhan, Engkau sangat mengasihi kami. Kalau Engkau ijinkan semua yang tidak baik itu gugur dari diri kami maka kami percaya hal-hal yang lebih baik yang Engkau akan tumbuhkan sehingga nama-MU dipermuliakan atas hidup kami. Amin