Membedakan Suara Roh

RHEMA HARI INI
Yohanes 10:27 “Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku.”

Ada sebuah cerita mengenai tiga orang gembala yang sedang menggembalakan domba-domba mereka di padang rumput. Sambil membiarkan domba-domba itu merumput, gembala-gembala itu asyik bercengkrama satu sama lain sehingga domba-domba itu saling berbaur menjadi kawanan yang sangat banyak dan tidak dapat dibedakan satu sama lain milik siapa. Maka menjelang senja, ketiga gembala itu berteriak dan menyanyikan lagu yang berbeda. Ajaib, domba-domba itu secara otomatis mengikuti suara gembala-gembala mereka masing-masing sehingga kembali berada dalam kelompok yang terpisah. Supaya domba-domba itu mampu mengenal suara gembalanya masing-masing diperlukan suatu proses. Kedekatan dan keseringan berada di dekat gembalanya membuat domba-domba itu terbiasa mengenali gembalanya. Proses yang sama terjadi pada kita. Tanpa menjalin relasi dengan-Nya, kita tidak memperoleh hikmat Ilahi. Keseringan berkomunikasi dengan TUHAN, Sang Gembala Agung, membuat kita terbiasa dan mengenali-Nya, sehingga kita tidak akan tersesat.

Sesudah kenaikan Yesus Kristus ke sorga dua ribu tahun yang lalu, Ia mengutus Roh Kudus untuk mendampingi manusia. Masuk ke dalam hati manusia, supaya manusia itu selalu harus mendengar seruan Tuhan, mendengarkan larangan Tuhan dan mana yang menjadi kehendak Tuhan. Maka untuk bisa membedakan inilah kita perlu hikmat Ilahi, dan itu hanya bisa kita dapat hanya dengan melekat kepada-Nya dan pada Firman-Nya. Kadangkala, suara hati kita atau suara iblis pun masuk dan mempengaruhi kita. Tanpa kepekaan terhadap kehendak-Nya, kita pasti akan salah sehingga kita menerima petunjuk suara hati kita sendiri atau justru dari si jahat. Maka, ambillah waktu setiap hari untuk membangun hubungan yang akrab dengan-Nya. Jangan menyisihkan waktu untuk-Nya, tapi prioritaskan waktu untuk membaca Firman dan bercakap-cakap dengan Tuhan.

RENUNGAN
Semakin kita BERGAUL DENGAN FIRMAN Tuhan, semakin kita BISA MEMBEDAKAN manakah suara Roh Kudus, suara kita sendiri atau suara iblis.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda membedakan yang mana suara Roh Kudus, suara hati kita, atau suara iblis ketika ada petunjuk yang hadir dalam hati dan pikiran kita ?
2. Apa saja yang masuk dalam agenda harian Anda yang bertujuan untuk meningkatkan kepekaan Anda mendengar suara-Nya ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang penuh kasih, ajarilah setiap kami semakin hari semakin peka akan suara-Mu dan taat senantiasa mengikuti petunjuk-Mu. Dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Imamat Pasal 21-22
Matius Pasal 28