Membuka Mata Dan Telinga Roh

BACAAN HARI INI
2 Raja-Raja 6:8-23

RHEMA HARI INI
2 Raja-Raja 6:17 Lalu berdoalah Elisa: “Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat.” Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa.

Ketika David, seorang pengusaha di Solo, dijamah Tuhan dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya secara pribadi, orangtuanya menentang dan mengusirnya dari rumah. Tetapi kesetiaan dan ketaatannya pada Tuhan mendatangkan berkat berupa rumah tangga yang harmonis. Satu hari saat ibadah di GBIKA, diumumkan gereja sedang membutuhkan dana untuk pembangunan gedung gereja. Ketika kantong persembahan dijalankan, David mendengar suara Tuhan yang memerintahkan untuk memberikan seluruh uang yang dibawa saat itu sebagai persembahan pembangunan. Sempat ada keraguan dalam hatinya, tetapi suara Tuhan itu begitu jelas terdengar. Akhirnya dengan taat David memberikan seluruh uang yang dibawanya hari itu. Di waktu yang berbeda, kejadian yang sama terulang lagi. Untuk kedua kalinya David mengosongkan isi dompetnya untuk dipersembahkan.

Sesaat selesai ibadah, David menerima panggilan telepon dari salah satu klien yang mengajaknya untuk bertemu. Hari itu juga kliennya menyerahkan uang dengan jumlah yang fantastis, uang pelunasan transaksi yang seharusnya dilakukan satu tahun kedepan. Tuhan membuat mujizat. Kehidupan David yang baru bersama Yesus, membuatnya berubah banyak, dan itu menjadi kesaksian bagi banyak orang. Bahkan orangtuanya yang dulu menentangnya, akhirnya ikut percaya kepada Tuhan, bahkan melayani Tuhan untuk menjadi penginjil yang luar biasa.

Setiap usaha yang kita lakukan dengan cara yang biasa, akan mendapatkan hasil yang biasa juga. Tetapi usaha yang kita lakukan berdasar perintah Tuhan, membuahkan hasil yang berbeda. Ada percepatan yang dari Tuhan, ada mujizat yang dikerjakan Tuhan. Sebab perintah Tuhan berbeda dengan logika manusia, itu sebabnya hasilnya pun berbeda dengan biasanya. Rhema hari ini mengajarkan kepada kita, bahwa hanya ketika mata dan telinga roh kita terbuka, kita akan bisa melihat dan mengerti maksud dan tujuan Allah. Hari ini mulai bawa setiap aktivitas kita kepada Tuhan, doakan keluarga kita, doakan pekerjaan dan pelayanan kita, bangun Pondok Daud pribadi kita. Dari hal yang kecil, lakukan setiap perintah Tuhan lewat Firman yang kita baca. Tuhan akan mengurapi mata dan telinga kita untuk peka akan instruksi-instruksiNya. Tangkap dan lakukan dengan setia, bergeraklah secara profetik. Maka terobosan demi terobosan besar akan kita alami.

RENUNGAN
Mintalah Tuhan untuk MEMBUKA MATA dan TELINGA ROH kita, agar kita bisa MENANGKAP serta MENGIKUTI INSTRUKSI-NYA.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah bisa menangkap instruksi Tuhan melalui mata dan telinga roh Anda? Melalui peristiwa apakah itu?
2. Pada saat apa Anda biasanya lebih peka akan suaraTuhan?
3. Dengan cara apa Anda bisa melatih kepekaan Anda? Sudahkah Anda meminta Tuhan membukakan mata dan telinga roh Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, kami rindu untuk bisa bergerak sesuai petunjuk-Mu. Urapi dan bukalah mata dan telinga roh kami ya Bapa, agar kami bisa menangkap dan berjalan seperti yang Engkau mau. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.