Memuliakan Tuhan dengan Harta Kita

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 14 Februari 2017

BACAAN HARI INI

Amsal 3:1-12

RHEMA HARI INI

Amsal 3:9-10 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

Jauh sebelum Salomo menjadi raja Israel menggantikan Daud, ayahnya, Tuhan sudah memiliki rencana bahwa Salomo akan dipakai-Nya untuk membangun bait Allah. Tuhan ingin bait Allah yang akan dibangun itu adalah yang terbaik. Oleh karena itu, Dia membutuhkan seseorang yang bisa menjadi partner-Nya yang akan dititipi banyak harta untuk pembangunan bait Allah itu. Tentu saja orang yang tepat adalah ia yang memiliki hati yang lebih mencintai Tuhan dibandingkan harta kekayaannya. Sehingga kelak saat Tuhan memberinya banyak harta, orang itu dapat langsung menangkap isi hati Tuhan dan dengan segera memakai harta itu untuk pembangunan bait Allah, sehingga rencana Tuhan tergenapi.

Pilihan Tuhan atas Salomo ternyata tidak salah. Lihat saja, bagaimana Salomo memakai banyak sekali harta kekayannya untuk membangun rumah Tuhan. Salomo tidak segan-segan memberikan yang terbaik melalui hartanya. Prinsipnya adalah bahwa rumah Tuhan yang dibangunnya harus luar biasa megah. Betapa hal itu menunjukkan bahwa Tuhan menjadi yang nomor satu di atas harta kekayaan yang dimiliki oleh Salomo. Setelah itu, apakah kekayaan Salomo berkurang? Ternyata tidak. Lihatlah betapa baiknya Tuhan. Salomo tidak menjadi berkekurangan setelah itu. Justru disebutkan bahwa tidak ada raja lain yang kekayaan dan hikmatnya melebihi Salomo.

Coba anda renungkan, seandainya Salomo egois, hitung-hitungan dengan Tuhan dalam hal materi dan tidak bisa memuliakan Tuhan dengan apa yang dimilikinya, apakah Tuhan dapat memakainya? Tentu tidak. Tuhan akan mencari orang lain yang bisa dipercaya karena Tuhan rindu kemuliaan-Nya makin dinyatakan di dunia ini. Anda ingin seperti Salomo yang mendapatkan kepercayaan Tuhan sedemikian besar? Jadilah pribadi yang bisa dipercaya dan bisa dipakai menjadi alat-Nya. Belajarlah untuk memuliakan Tuhan dengan harta yang Anda miliki. Tetaplah jadikan Tuhan yang utama di atas segala yang anda punyai. Jika Tuhan melihat Anda bisa menjadi partner-Nya melalui harta Anda, maka dengan segera Dia akan melimpahi Anda dengan segala kelimpahan. Sehingga nama Tuhan pun makin dipermuliakan melalui hidup Anda.

RENUNGAN

LANGKAH PERTAMA dalam mengikuti Manajemen Keuangan Allah adalah MEMULIAKAN TUHAN DENGAN HARTA KITA

APLIKASI

  1. Sudahkan Anda memuliakan Tuhan di atas harta yang Anda miliki?
  2. Mengapa kita perlu memuliakan Tuhan dengan harta kita?
  3. Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk menjadikan Tuhan nomor satu di atas segala yang Anda miliki? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami mau menjadi alat yang bisa dipakai untuk menggenapi rencana-Mu di dunia ini. Berikan kami hati yang makin mengasihi-Mu, ya Tuhan, supaya kami bisa selalu memuliakan nama-Mu dengan harta yang kami miliki. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Amsal 6-9