Menaklukkan Roh Ketakutan

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

bca18september2017

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI

Yesaya 41:8-20

RHEMA HARI INI

Yesaya 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Ketakutan adalah salah satu senjata terampuh dalam peperangan. Jangankan melawan musuh, para tentara yang dikuasai rasa takut tidak akan pernah bisa melangkah ke medan perang. Rahasia inilah yang Goliat dan tentara Filistin manfaatkan. Dengan penampilan bagaikan raksasa, perlengkapan perang bak pendekar, dan suara menggelegar, Goliat menebarkan kecemasan dalam hati tentara Israel. Sampai-sampai tentara Israel terkuat sekalipun tidak berani menghadapinya. Sampai Daud datang. Saat itu, ia hanyalah penggembala kambing domba dan sedikit pun tidak memiliki pengalaman perang. Namun, keyakinannya kepada Allah membuat Daud siap menghadapi musuh seketika itu juga. Kesiapan inilah yang mendorongnya maju dengan penuh keberanian dan berhasil membalikkan keadaan.

Hari-hari ini, Iblis pun menebarkan roh ketakutan di tengah anak-anak Tuhan. Dengan kebohongannya, ia membuat segala persoalan yang kita hadapi terlihat sangat besar bagi kita. Tanpa kita sadari, ia menanamkan ide bahwa kita tidak mungkin bisa mengatasi rumitnya permasalahan keuangan, keluarga, studi, pekerjaan, atau bahkan pelayanan kita. Terlampau sering, kita membiarkan ketidakberdayaan melumpuhkan kita dalam ketakutan. Seolah tak ada lagi yang bisa dilakukan, kita hanya menantikan kehancuran menghampiri hidup kita. Akhirnya kita kalah, bahkan sebelum berjuang.

Sementara pasrah terlihat seperti jalan termudah, Tuhan menghendaki kita untuk bangkit. Berhentilah mengimani kebohongan musuh. Imani rencana Tuhan yang akan membawa kita dari kemuliaan sampai kemuliaan. Kapan pun ketakutan meliputi kita, pandanglah Yesus. Dia telah berjanji untuk tidak pernah membiarkan dan meninggalkan kita sendirian. Dengan tangan kanan-Nya yang membawa kemenangan, Tuhan akan menuntun kita berjalan melampaui segala ketidakmampuan dan ketidakberdayaan kita. Ya, hampirilah takhta kasih karunia-Nya dengan penuh keberanian, sebab di dekat-Nya, ketakutan pun sirna. Bahkan, ketakutan yang kita taklukkan bersama Tuhan akan diubahkan-Nya menjadi kekuatan yang meneguhkan hati kita. Kita pun dapat bangkit dan siap menjawab panggilan-Nya menjadi tentara Allah. (MV.L)

RENUNGAN

Dengan penuh KEBERANIAN, berdirilah tegap dan KALAHKAN ROH KETAKUTAN; bersama TUHAN kita tidak pernah berada di pihak yang kalah

APLIKASI

  1. Apa saja ketakutan yang tengah Anda hadapi sekarang ini? Dari manakah ketakutan itu berasal?
  2. Mengapa Anda perlu mengalahkan ketakutan Anda?
  3. Bagaimana Anda dapat menaklukkan ketakutan itu dan menyiapkan hati Anda untuk maju berperang?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami percaya Engkau selalu bersama kami. Biarlah kami menetapkan pandangan kami pada wajah-Mu saja. Kami percaya, bersama-Mu tak ada yang tak bisa kami lakukan. Kami siap, ya, Tuhan, untuk menjadi tentara-Mu dan membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”