MENANGKAP ISI HATI TUHAN

RHEMA HARI INI

Matius 9:36 Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.

Seringkali dalam ibadah dan doa pribadi yang kita naikkan, kita meminta agar bisa menjangkau jiwa-jiwa yang belum kenal Tuhan. Tetapi tanpa kita sadari, kita justru kerapkali melewatkan kesempatan-kesempatan yang Tuhan berikan. Kita sering mengabaikan pengemis yang lewat depan rumah kita, pengamen dan anak-anak jalanan, tukang kebun atau asisten rumah tangga kita, teman sekantor, tetangga dan masih banyak lagi daftarnya kalau mau kita lanjutkan. Kita sering berdoa, tetapi jarang atau sulit melakukan apa yang kita doakan.

Mungkin ada banyak pertimbangan mengapa kita ragu atau takut mendekati jiwa-jiwa ini. Soal keamanan, salah penerimaan, atau karena kita melihat mereka sebagai orang yang memang tidak baik tabiatnya, sehingga kita justru malah berpikir,“Ah, orang sejahat dia, biar saja merasakan hukuman dari Tuhan jika tidak mau segera bertobat.” Sadarkah kita, bahwa ketika Tuhan Yesus mengorbankan diri bagi kita di atas kayu salib, kita semua tidak ada yang layak untuk diperjuangkan. Segala kecenderungan hati manusia selalu membuahkan kejahatan semata-mata (Kej 6:5). Meski demikian, Tuhan Yesus tidak pernah menyesali keputusan-Nya untuk menumpahkan darah-Nya yang Kudus demi untuk menebus kita dari dosa dan maut. Sebab Yesus tahu kerinduan hati Bapa-Nya adalah supaya tidak seorangpun binasa.

Ya, saat kita bisa menangkap isi hati Tuhan, maka kita akan dimampukan untuk melihat seperti Tuhan melihat. Mata kita mungkin hanya bisa melihat bahwa seseorang ini sungguh menjengkelkan, orang ini hanya pembuat onar, orang ini diinjili juga percuma karena kekerasan hatinya. Tetapi mata Tuhan melihat, dibalik semua sikap yang bagi kita tidak ada baiknya itu, ada hati yang kecewa, ada hati yang tertolak, hati yang tersakiti, hati yang merindukan jamahan kasih dan pemulihan dari Tuhan. Saat kita bisa melihat jiwa-jiwa yang terhilang ini sebagai pribadi yang berharga dan patut menerima belas kasihan, hati kita akan terbakar oleh api kebangunan rohani. Kita akan terbakar untuk berdoa untuk mereka dan rela berkorban agar mereka bisa menerima keselamatan yang dari Tuhan. (PF)

RENUNGAN

Saat kita bisa MENANGKAP HATI TUHAN, mata kita akan dimampukan untuk MELIHAT SEPERTI TUHAN MELIHAT.

APLIKASI

1. Menurut Anda, apakah isi hati Tuhan itu?
2. Sudahkah Anda benar-benar bisa menangkapnya sehingga Anda bisa melihat seperti Tuhan melihat?
3. Apa yang Anda lihat setelah Anda bisa menangkap hati Tuhan dan apa yang akan Anda lakukan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampuni kami jika selama ini kami hanya dengan mulut saja berdoa, tetapi tidak juga melangkah untuk berbuat sesuatu. Berikanlah kami hati seperti hati-Mu, Tuhan, ajar kami untuk melihat seperti Engkau melihat. Agar hati kami terbakar oleh api revival dan mulai bangkit menjadi terang. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!