Mencari dan Menyelamatkan Yang Hilang

ReMAKA: Renungan Malam Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Yehezkiel 34:1-31

RHEMA HARI INI
Yehezkiel 34:16 Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya.

Mungkin fakta berikut ini cukup mengejutkan bagi kita. Fakta yang pertama, setiap hari ada rata-rata 232.876 orang mati di seluruh dunia. Fakta yang kedua, setiap hari ada rata-rata 1 diantara 10 orang yang dilahirkan kembali dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Dengan kata lain, setiap hari ada 23.287 orang masuk ke surga, dan 209.589 orang yang lain masuk ke neraka, setiap hari! Sebab mereka belum menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka, dan Firman Tuhan berkata bahwa upah dosa adalah maut. Dalam satu tahun, ada 76.499.985 orang mati yang masuk ke neraka. Dalam sepuluh tahun, ada 764.999.850 orang mati yang masuk neraka! Dan angka itu semakin lama akan terus bertambah! Tidakkah fakta-fakta ini menjadi sesuatu yang sangat menggetarkan kita sebagai anak-anak Tuhan? Betapa jutaan bahkan miliaran orang di sekeliling kita sesungguhnya sedang menunggu antrian menuju ke neraka.

Ini saatnya kita bangkit! Kita diberi tugas mulia oleh Tuhan untuk mengabarkan berita keselamatan bahwa Yesuslah satu-satunya jalan, kebenaran dan hidup yang bisa membawa manusia kepada kehidupan yang kekal. Ini saatnya kita bangkit! Jangan biarkan semakin banyak orang diperdaya oleh tipu daya iblis dan berjalan menuju kepada kebinasaan kekal. Ini adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk selamatkan jiwa berapapun harganya!

Satu-satunya cara untuk masuk surga adalah datang sebagai orang berdosa dan tersungkur di kaki Yesus untuk mohon pengampunan. Keselamatan bukan tentang berhenti melakukan dosa. Keselamatan adalah tentang mengakui bahwa kita bersalah, dan pantas masuk neraka, dan oleh karena itulah kita memerlukan Juruselamat untuk menebus kita. Dan Yesuslah satu-satunya Juruselamat. Itulah yang harus kita beritakan, supaya tidak semakin banyak orang yang menjadi calon penghuni neraka. Terus motivasi diri kita untuk berjuang dan tidak mudah putus asa dalam bergerak selamatkan jiwa. Miliki kerinduan untuk menolong mereka dan menarik mereka agar tidak masuk ke jurang api neraka.

RENUNGAN
ISI HATI TUHAN adalah untuk MENCARI dan MENYELAMATKAN YANG TERHILANG.

APLIKASI
1. Adakah kerinduan dalam hati Anda untuk menyelamatkan jiwa?
2. Jika ya, apa yang sudah Anda lakukan untuk meresponi kerinduan tersebut?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya Anda bisa menyelamatkan banyak jiwa dan menjawab kerinduan hati Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, berikan kami hati seperti hati-MU yang penuh dengan belas kasihan terhadap jiwa-jiwa yang terhilang. Berikanlah kami keberanian untuk memberitakan kasih-MU kepada banyak orang sehingga banyak orang bisa diselamatkan melalui hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.