Mengalihkan Fokus

BACAAN HARI INI
Mazmur 16:1-11

RHEMA HARI INI
Mazmur 16:8 Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Seorang anggota gereja mengikuti kebaktian umum, yang berkotbah pada waktu itu adalah pendeta tamu dari luar negeri. Gaya yang menarik, suara yang terang, jelas dan berwibawa, ditambah dengan isi yang padat, benar-benar membawa berkat bagi anggota tersebut. Selesai kebaktian, ia bertanya kepada majelis tentang diri pengkhotbah tersebut dan menanyakan pula tentang keberangkatannya. Dari jawaban majelis, ia mengetahui bahwa pendeta tersebut masih mempunyai kesempatan berkotbah dalam kebaktian umum minggu depan. Ia sangat senang dan gembira setelah mengetahui hal tersebut. Ia berjanji dan bertekad tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mendengarkan pendeta tersebut berkhotbah. Dan benar, minggu berikutnya anggota gereja ini kembali hadir dan mendengarkan kotbah pendeta tersebut. Tapi alangkah kecewanya dia. Meskipun pengkhotbahnya sama, gayanya sama, suaranya sama, isinya tetap padat, tetapi yang berbeda dalam kebaktian ini ia tidak merasa memperoleh apa-apa bagi kerohaniannya.

Seusai kebaktian, ia mendatangi pengkhotbah itu dan menanyakan hal tersebut. Pengkhotbah itu dengan tenang dan serius memberitahukan, “Hanya satu sebab; minggu lalu saudara datang untuk Tuhan, tapi minggu ini saudara datang untuk saya. Minggu lalu saudara datang untuk menyembah Tuhan, tapi minggu ini datang untuk menjunjung saya. Minggu lalu saudara datang untuk mendengar suara Tuhan, tapi minggu ini saudara datang untuk mendengar suara saya. Dengan kata lain motif/tujuan kedatangan saudaralah yang menyebabkan saudara mendapat berkat atau tidak.”

Fokus kepada manusia, selalu akan berujung kekecewaan. Sebab manusia sangatlah terbatas, manusia bukan Tuhan yang bisa memenuhi setiap pengharapan kita. Manusia penuh dengan kelemahan dan keterbatasan. Itu sebabnya, kalau hari ini saudara masih berfokus atau berpengharapan pada manusia, apakah itu kepada orang lain atau kepada diri saudara sendiri, bertobatlah. Segera alihkan fokus saudara hanya kepada Tuhan. Sebab hanya ketika fokus kita tertuju kepada Tuhan saja, maka kita tidak akan pernah mengalami apa yang namanya dikecewakan. Tuhan akan terus memperbarui kekuatan serta pengharapan kita, sehingga kita dimampukan untuk terus berjuang, pantang menyerah sampai kita beroleh kemenangan!

RENUNGAN
Kunci bebas dari keletihan rohani: mengalihkan fokus dari diri sendiri menjadi FOKUS KEPADA TUHAN.

APLIKASI
1. Apa yang menjadi fokus Anda selama ini. Apakah fokus Anda tersebut membuat Anda makin merasa lemah atau semakin merasa dikuatkan ?

DOA UNTUK HARI INI
Ajar kami ya Tuhan untuk senantiasa berfokus hanya kepada-MU saja. Sebab kami tahu, hanya ketika fokus kami tertuju kepada-MU maka kami beroleh kekuatan serta pengharapan yang baru. Terimakasih Tuhan. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hakim-hakim 1-2