Mengangkat Tangan Tanda Berserah

BACAAN HARI INI
Mazmur 107:1-43

RHEMA HARI INI
Mazmur 107:8-9 Biarlah mereka bersyukur kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, karena perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib terhadap anak-anak manusia, sebab dipuaskan-Nya jiwa yang dahaga, dan jiwa yang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan.

Hari Minggu sepulangnya dari gereja, bapak ibu Doni membawa putri mereka, Noni, untuk pergi ke sebuah rumah makan untuk makan siang bersama keluarga besar mereka. Di rumah makan itu ada taman yang luas dan juga sebuah kolam ikan yang cukup besar. Noni pun langsung girang melihatnya, dan ia mengajak ayahnya untuk berjalan-jalan di taman karena ia tahu, ia akan aman ketika ayahnya berjalan bersamanya.

Noni melihat ada tapak-tapak batu di atas kolam. Dengan penuh rasa penasaran, Noni melangkahkan kaki-kaki kecilnya melompat-lompati tapak-tapak batu yang ada di atas kolam tersebut. Dengan gesit kaki-kaki kecilnya berpindah dari satu batu ke batu lainnya. Sampai pada pijakan yang terakhir kakinya terpeleset, dan Noni pun hampir tercebur ke dalam kolam. Segera ia mengangkat tangannya dan memandang ayahnya yang berada tepat di belakangnya. Dan dengan cepat ayahnya pun langsung mengangkat tubuh kecil Noni dan Noni pun langsung memeluk ayahnya erat-erat.

Setelah membaca renungan di atas, sadarkah bahwa sebetulnya kita ini adalah Noni? Seringkali dalam hidup kita salah melangkah, terpeleset, bahkan terjatuh. Akan tetapi, percayalah bahwa kita mempunyai Bapa yang selalu berjaga-jaga di belakang kita. Bapa yang senantiasa sigap menolong kita di kala kita terpelosok. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengangkat tangan kita. Saat kita menujukan pandangan dan tangan kita kepada-Nya; itulah saat dimana kita berserah dan percaya sepenuhnya kepada Dia, Bapa yang sangat mengasihi kita dan yang selalu ada bagi kita.

RENUNGAN
Tangan yang TERANGKAT TERTUJU KEPADA TUHAN adalah tanda kita BERSERAH dan PERCAYA kepada Dia yang akan menolong kita.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda berserah dan percaya sepenuhnya kepada Tuhan?
2. Bagaimana cara Anda mengungkapkan penyerahan total Anda kepada-Nya?
3. Menurut Anda, mengapa Tuhan ingin agar kita berserah dan percaya kepada-Nya?
DOA UNTUK HARI INI
Ya Bapa yang baik, Engkau mengetahui kehidupan kami bahkan lebih dari kami sendiri. Apapun yang terjadi di dalam hidup kami, kami percaya Engkau akan selalu ada untuk menolong kami. Kami mau mengangkat tangan kami, berserah dan percaya sepenuhnya kepada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.