Mengasihi Musuh

BACAAN HARI INI
Lukas 6:27-36

RHEMA HARI INI
Lukas 6:32-33 Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka. 33 Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian.

Pada suatu hari datanglah seorang pendatang baru di sebuah desa yang terletak di Amerika Serikat. Ternyata si pendatang baru ini sikapnya tidak ramah terhadap penduduk sekitarnya. Ia selalu menutup diri, tidak mau bergaul, bahkan pada ladang miliknya ia menulis dengan huruf besar: “MILIK PRIBADI, DILARANG MASUK.” Belum cukup dengan itu, ia juga memelihara beberapa ekor anjing yang bersikap buas terhadap orang-orang yang tidak dikenal. Pada suatu hari, seorang anak perempuan tetangga rupanya demikian tertarik melihat anjing-anjing yang demikian bagus bulunya. Karena ia hanyalah seorang anak kecil yang belum mengetahui ketidakramahan pemilik ladang itu, dan juga belum dapat menyadari bahayanya anjing-anjing itu, ia memanjat pagar dan hendak bermain-main dengan anjing itu. Tetapi apakah yang terjadi? Anjing-anjing itu bukannya bermain-main, tetapi menerkam anak perempuan yang malang itu sampai mati! Semua orang di desa itu marah kepada si pendatang baru itu. Ia dikucilkan sama sekali, bahkan kalau ia pergi ke toko, tidak ada seorangpun yang mau melayani dan menyapanya. Tibalah musim semi dimana para petani bersiap-siap untuk menanami ladangnya. Teryata petani pendatang baru ini tidak dapat menanami ladangnya, sebab tidak ada seorangpun yang mau menjual benih kepadanya. Dengan demikian petani ini terancam kehancuran dalam usahanya. Tetapi apakah yang terjadi? Pada suatu pagi, ia melihat tetangganya, yang tak lain adalah ayah dari anak perempuan yang mati diterkam anjingnya itu sedang bekerja keras di ladang milik pendatang baru itu. Apakah yang ia perbuat? Ternyata ia sedang menaburkan benih di atas ladang itu! Petani pendatang baru itu sangat heran, dan ia bertanya apakah arti semuanya ini. Ayah anak perempuan itu berkata: “Aku melakukan semua ini untukmu supaya engkau mau menerima pengampunan yang kuberikan kepadamu. Aku adalah seorang Kristen, dan aku tahu bahwa Yesus mengasihimu juga. Oleh sebab itu, aku mau menolongmu dalam kesulitan mencari benih dengan memberikan benih untuk ladangmu itu! Pendatang baru itu tidak bisa lagi menahan rasa terharunya, ia menangis dan menyesali semua kesombongan dan keegoisannya. Ia membuka hatinya untuk Kristus…

Kasih agape yang kita tunjukkan bisa membawa dampak jiwa-jiwa diselamatkan. Sebab dengan kasih agape, kita tidak hanya mengasihi orang yang mengasihi kita saja, tetapi juga mengasihi mereka yang membenci, bahkan menganiaya kita. Itulah yang membedakan kita dengan orang dunia pada umumnya. Itu sebabnya terus bangun persekutuan intim dengan Kristus, sehingga kita dimampukan mengasihi dengan kasih agape.

RENUNGAN
Anak Tuhan yang tidak bisa mengasihi dengan kasih agape, TIDAK ADA BEDANYA dengan mereka yang tidak memiliki persekutuan dengan Kristus.

APLIKASI
Apakah renungan hari ini mengena di hati Anda, ujilah ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa ajar kami untuk bersekutu denganMu agar dari dalam diri kami keluar kasih agape. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Obaja 1
Wahyu 9