Mengembangkan Kuasa

BACAAN HARI INI
Yohanes 14: 1-14

RHEMA HARI INI
Yohanes 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Pengusaha dan pembicara publik Wilson Harrell menceritakan tentang kenangannya bersama ayah tercinta. “Waktu saya berumur 11 tahun, ayah sudah menjadikan saya pemilik pabrik kapas,” tuturnya sambil tersenyum. “Saya tahu tentang kapas sejak kecil, tapi saya sadar apa yang dilakukan ayah adalah tanggung jawab yang luar biasa untuk anak seusia saya. Bahkan, itu mungkin keputusan paling beresiko yang pernah diambil. Saya memotong kapas, mengidentifikasi kualitasnya, dan menetapkan harganya,” kenangnya.

“Elias, aku bekerja keras untuk ini, dan sekarang seorang bocah menentukan apa yang akan aku gunakan untuk hidup setahun ke depan,” saya tidak akan pernah lupa perkataan petani pertama yang saya layani. “Nilainya yang dipakai,” jawab ayah dan ia segera berlalu. “Ayah memang orang yang sedikit bicara. Petani itu pun dengan terpaksa menyelesaikan transaksinya dengan saya. Selama bertahun-tahun pula, ayah tidak pernah mengubah apa yang saya putuskan di pabrik kapasnya. Selama saya menjalankan pekerjaan itu, selama itulah otoritas ada pada saya,” tutur Wilson dengan mata berkaca-kaca. “Namun, ayah sebenarnya bukan tipe orang yang tidak peduli. Sewaktu kami hanya berdua, ia memeriksa pekerjaan saya. Kalau saya menilai terlalu rendah dan membayar terlalu murah, saya harus pergi membayar kekurangan pada para petani tersebut. Kalau saya menilai terlalu tinggi, ayah tidak mengucapkan sepatah katapun dan hanya memandangi saya,” kenangnya. “Ayahlah kunci kesuksesan saya.”

Mukjizat besar dikerjakan Allah lewat Tuhan Yesus selama di dunia, mulai dari berjalan diatas air, melipatgandakan 5 roti dan 2 ikan, menyembuhkan orang sakit, bahkan mengusir setan. Demikian juga dengan kita. Kita telah diberi kuasa untuk menjadi anak-anak Allah dan melakukan pekerjaan-pekerjaan besar. Maka dari itu, kita yang sudah diberi kepercayaan dan tanggung jawab tersebut harus mengembangkan kuasa supaya dapat memanifestasikan kemuliaan Allah secara penuh. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Kuasa sebagai anak-anak Allah harus DIKEMBANGKAN supaya kita bisa MEMANIFESTASIKAN KEMULIAAN ALLAH secara penuh dalam hidup kita.

APLIKASI
 Menurut Anda, cara-cara apa saya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kuasa yang sudah diberikan Tuhan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami bersyukur untuk semua kuasa yang Engkau berikan pada kami. Sebagai anak-anak-Mu, kami mau mengembangkan kuasa itu agar dapat memanifestasikan kemuliaan-Mu dalam hidup kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 17-19
Ibrani 5