Menggali Firman Tuhan

Worship Audio

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

ezr46

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

Renungan Keluarga Allah | Senin, 24 April 2017

BACAAN HARI INI

Mazmur 119:123-130

RHEMA HARI INI

Mazmur 119:129-130 Peringatan-peringatan-Mu ajaib, itulah sebabnya jiwaku memegangnya. Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.

Ada pengusaha muda yang taat beribadah. Setiap minggu ia bergereja, ia tidak pernah lupa perpuluhan, dan di tengah-tengah kesibukannya ia menyempatkan diri membaca Alkitab sekilas. Suatu ketika, usaha yang ia perjuangkan bersama istrinya selama lima tahun bangkrut. Ia tidak mengerti kenapa Tuhan seakan tidak menjaga hidupnya, padahal ia sudah menjadi Kristen yang baik. Saat mengikuti komsel, ketua komselnya mengingatkan agar ia tidak hanya membaca firman, tetapi menggalinya. Meski masih gundah, ia menuruti anjuran tersebut dan mulai merenungkan firman yang ia baca setiap harinya. Perlahan, ia merasakan perbedaan dalam saat-saat pembacaan Alkitabnya. Firman yang ia baca tidak lagi sekedar baris kata-kata, tetapi berbicara kepadanya. Ia diingatkan akan kompromi-kompromi yang ia lakukan saat berbisnis, yang sebenarnya tidak berkenan di mata Tuhan. Tuhan juga meneguhkan imannya kembali, bahwa meskipun ia melakukan banyak kesalahan, Tuhan tetap mengasihinya dan mau memberikan masa depan yang penuh harapan.

Sejak itu, ia terus berusaha hidup sesuai firman Tuhan. Tiba-tiba saja, properti yang pernah dibelinya terjual dengan harga berkali lipat. Dengan perolehannya, ia bisa merintis kembali usaha yang baru. Kali ini ia benar-benar menjalankan usahanya sesuai dengan apa yang Tuhan singkapkan selama ia bersaat teduh dan usahanya pun berkembang cepat.

Saat kita membaca firman, hendaknya kita jangan hanya membacanya. Kita perlu meluangkan waktu untuk memahami maksud Tuhan dalam firman yang sedang kita baca. Saat kita menggali firman-Nya, Tuhan bisa membukakan hal-hal yang sebelumnya tak terpikirkan oleh kita. Sesungguhnya, semua jawaban atas hidup dan juga permasalahan yang kita hadapi sudah Tuhan sediakan dalam Alkitab. Itu sebabnya, kita perlu menggali untuk menemukannya. Saat kita memusatkan diri pada firman-Nya, Roh Kudus akan menyingkapkan apa yang semula tidak kita pahami. Saat itulah kuasa Tuhan mulai bekerja dan kita akan mengalami perkara-perkara yang ajaib bersama-Nya.

RENUNGAN

Tidak cukup hanya membaca, kita harus MENGGALI FIRMAN TUHAN, sampai KUASA FIRMAN-NYA TERSINGKAP dan BERMANIFESTASI dalam hidup kita

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda menggali firman Tuhan setiap hari?
  2. Mengapa kita perlu menggali firman Tuhan?
  3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil untuk mulai menggali firman-Nya?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus yang baik, berilah kami penyertaan-Mu senantiasa dan bantulah kami dalam pembacaan firman-Mu, supaya kami dapat memperoleh penyingkapan yang kami butuhkan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”