MENGHADAPI DAN MENYELESAIKAN MASALAH BERSAMA TUHAN

BACAAN HARI INI

Ulangan 31:1-8

RHEMA HARI INI

Ulangan 31:8 Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”

Melia dan Nina sudah bersahabat selama lebih dari sepuluh tahun. Dalam rentang waktu itu, sudah tentu ada berbagai masalah dan gesekan dalam persahabatan mereka. Perbedaan prinsip, perbedaan cara mengambil keputusan atau bahkan perbedaan sepele seperti hendak makan di mana, terkadang menjadi masalah saat hati keduanya sedang tidak enak. Meski demikian, mereka memilih untuk menghadapi dan menyelesaikannya secara baik-baik. Jika perlu, mereka akan mencari kakak rohani atau KKS mereka, jika masalah mereka ternyata berkepanjangan. Meski awalnya sempat renggang, tapi pada akhirnya hubungan mereka akan akur kembali dengan pertolongan Tuhan.

Setiap hubungan antar manusia memang tak pernah bisa terhindar dari masalah dan gesekan. Tak terkecuali dalam pelayanan. Justru potensi gesekan itu sangat besar dalam pelayanan. Sebab semua pelayan Tuhan bukanlah malaikat, tapi manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Terkadang ada perkataan yang menyakitkan yang tidak disengaja, ada salah paham, antar peltu saling berasumsi sendiri, atau ada sikap yang tidak enak dari pelayan yang lain. Kalau jiwa seseorang belum pulih dan ia masuk dalam pelayanan, maka besar kemungkinan ia bisa menjadi kecewa.

Namun demikian, bukan berarti membuat orang jadi takut ikut ambil bagian dalam pelayanan. Janganlah takut dengan gesekan dan masalah dalam pelayanan. Firman Tuhan berkata, besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya (Amsal 27:17). Jika kita menghadapi dan menyelesaikannya bersama Tuhan, maka gesekan dan masalah justru akan semakin mendewasakan kita. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk menerima kesembuhan total dari Tuhan, sehingga bukan hanya kita sendiri yang di pulihkan secara total, tapi juga hidup kita menjadi berkat bagi orang lain. Dengan jiwa yang sehat, kita bisa menjalankan misi Tuhan untuk menjangkau jiwa-jiwa dengan lebih baik dan lebih efektif. (LEW)

RENUNGAN

Janganlah takut akan adanya MASALAH dan GESEKAN, tetapi HADAPI dan SELESAIKANLAH bersama Tuhan.

APLIKASI

1. Gesekan dan masalah apa yang pernah atau sedang Anda hadapi saat ini?
2. Apa yang terjadi ketika Anda berusaha menghadapi dan menyelesaikannya dengan cara Anda sendiri?
3. Apa bedanya dengan saat Anda menghadapi dan menyelesaikannya bersama dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, saat kami menghadapi masalah dan mengalami gesekan dengan keluarga atau orang lain, kami mau percaya sepenuhnya kepada-Mu. Bersama Engkau, kami pasti bisa menghadapi dan menyelesaikannya dengan baik, bahkan kami akan semakin bertumbuh dalam iman. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!