Menghormati Dan Menyenangkan Hati Tuhan

BACAAN HARI INI
1 Samuel 2:27-36

RHEMA HARI INI
1 Samuel 2:30 Sebab itu — demikianlah firman TUHAN, Allah Israel — sesungguhnya Aku telah berjanji: Keluargamu dan kaummu akan hidup di hadapan-Ku selamanya, tetapi sekarang — demikianlah firman TUHAN —: Jauhlah hal itu dari pada-Ku! Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah.

Siapa yang mengira jika Ino sebenarnya adalah pembantu rumah tangga di rumah Pak Eben. Ino terlihat bersih, rapi dan penuh percaya diri ketika melayani tamu di rumah Pak Eben. Rupanya, keluarga Pak Eben sudah menganggap Ino sebagai keluarga sendiri, karena kesetiaan dan cara kerjanya di rumah Pak Eben. Ino pun sangat loyal dengan keluarga Pak Eben. Anak-anak Pak Eben semua Ino yang membantu mengasuh, hingga kini Pak Eben punya cucu, Ino pula yang membantu mengasuh.

Ino adalah sosok pembantu rumah tangga yang sangat menghormati tuannya. Dia berusaha mengerjakan semua pekerjaan di rumah Pak Eben sebaik mungkin. Ino enggan jikalau sampai membuat Pak Eben marah. sehingga Ino berusaha membuat tuan dan anak-anaknya senang dengan hasil pekerjaannya. Meskipun orang lain memandang sebelah mata pekerjaan Ino, dia tidak peduli. Dan Ino menuai hasilnya, dia menjadi orang kepercayaan keluarga Pak Eben. Kemanapun keluarga Pak Eben pergi, Ino selalu ikut. Bahkan sewaktu Ino menikah, semua dibiayai oleh keluarga Pak Eben. Bukan itu saja, Pak Eben juga memberikan sedikit dari kekayaannya kepada Ino.

Hidup kitapun demikian, kita sebagai anak-anak Tuhan haruslah melakukan yang terbaik untuk Tuhan. Jangan sampai kita membuat Bapa kita di surga marah karena perkataan ataupun perilaku kita. Walaupun saat ini kita sedang menghadapi hal yang tidak baik janganlah menyalahkan dan marah pada Tuhan. Percayalah bahwa Tuhan bisa mengubah hal negatif menjadi positif dan sebaliknya Tuhan juga bisa mengubah hal positif menjadi negatif. Oleh karena itu, jika kita rindu mengalami penggenapan nubuatan positif dalam hidup kita, maka janganlah membuat Tuhan marah. Hormati dan senangkan hati Tuhan selalu dengan pujian penyembahan kita dan lihatlah Dia akan berkarya luar biasa atas hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
Jangan membuat Tuhan marah, tetapi HORMATI dan SENANGKAN HATI TUHAN.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda melakukan sesuatu yang membuat Tuhan marah atau mendukakan hati Tuhan? Apa konsekwensinya bagi Anda saat itu?
2. Bagaimana cara Anda menghormati dan menyenangkan hati Tuhan?
3. Saat Tuhan dihormati dan disenangkan, apa yang Anda alami dan rasakan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau sungguh baik bagi kami. Kami mau selalu menghormati dan menyenangkan hati-Mu Tuhan. Kami tidak ingin membuat Engkau kecewa dan marah. Kami percaya perkara besar akan Kau kerjakan bagi kami Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.