Mengundang Raja Kemuliaan Masuk Dalam Hidup Kita

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Tawarikh 28-29
Yohanes 17

BACAAN HARI INI

Wahyu 3:14-22

RHEMA HARI INI

Wahyu 3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

“Terang Dunia” adalah judul sebuah lukisan terkenal yang dibuat oleh Holman Hunt pada tahun 1854. Lukisan itu menggambarkan Yesus yang bermahkotakan duri dan membawa sebuah lentera sedang mengetuk sebuah pintu yang tertutup. Ketika Holman memperlihatkan lukisan tersebut kepada beberapa teman, salah seorang temannya berkata, “Tampaknya ada sesuatu yang terlewatkan, kamu lupa menggambar gagang pintunya.” Pelukis itu kemudian menjawab, “Gagang pintunya ada di dalam. Hanya kita yang bisa membukanya dari dalam. Pintu itu adalah hati kita, Yesus hanya bisa mengetuk dari luar dan tidak bisa masuk kalau kita tidak membukakannya.”

Ya, Tuhan Yesus tidak suka memaksa, Dia tidak akan mendobrak masuk dengan sewenang-wenang. Dia akan menunggu dengan sabar sampai kita mendengar suara-Nya dan membukakan pintu hati kita untuk-Nya. Walau kita terkadang begitu lama untuk membuka pintu, karena memilih untuk mengandalkan diri sendiri atau orang lain ketimbang mengandalkan Tuhan, tetapi ternyata Tuhan masih begitu sabar berdiri di muka pintu dan menunggu kita. Kasih dan setia-Nya terlalu besar bagi kita untuk Dia meninggalkan pintu hati kita.

Tuhan Yesus bukan ingin masuk dalam hati kita untuk menghakimi dan mencari-cari kesalahan kita. Justru, jika kita mengundang Dia masuk dan menjadikan-Nya Tuhan dan Juruselamat kita, Dia akan menghapuskan dosa-dosa kita. Kegelapan hidup kita akan sirna dan terang kemuliaan Tuhan terbit atas kita. Jaminan keselamatan adalah salah satu dimensi kemuliaan yang ingin Dia manifestasikan dalam hidup kita, masih banyak lagi dimensi kemuliaan yang ingin Tuhan kerjakan dalam hidup kita. Inilah saatnya kita memilih. Sebab, hanya ketika kita mau mendengarkan firman-Nya dan membuka pintu hati kita, Raja Kemuliaan akan masuk dan membawa kita mengalami berbagai dimensi kemuliaan Tuhan, kita akan dibawa mengalami kemuliaan pada kemuliaan yang lebih lagi, from glory to greater glory. (PF)

RENUNGAN

Jika kita ingin Raja Kemuliaan MASUK DALAM HIDUP kita, kita perlu MENDENGARKAN SUARA-NYA dan MEMBUKA PINTU HATI kita bagi-Nya.

APLIKASI

1. Apakah Anda mendengar Tuhan Yesus mengetuk pintu hati Anda? Sudahkah Anda meresponi-Nya?
2. Jika belum, mengapa? Apa yang menjadi penghalang bagi Anda?
3. Jika sudah, bagaimana Anda meresponi ketukan-Nya? Bagaimana supaya Raja Kemuliaan betah tinggal dalam rumah hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami sangat bersyukur atas kesetiaan dan kesabaran-Mu atas kami. Ampuni kami bila kami terlalu lama membuka pintu hati kami untuk-Mu. Mari Tuhan, kami undang Engkau masuk dan bertahta dalam hati kami. Biarlah terang-Mu bersinar sampai sudut-sudut tergelap dari hati kami, menerangi setiap pikiran dan langkah kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”