Menjadi Perabot Emas Yang Tuhan Cari

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ester 9-10
Kisah Para Rasul 7:1-21

BACAAN HARI INI

1 Petrus 1:14-19

RHEMA HARI INI

1 Petrus 1:15-16 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

“Ayah, katanya hari ini Ayah akan mengajakku melihat Ayah bekerja, tapi kenapa Ayah malah bermain-main dengan kotoran?” tanya seorang anak ketika ia melihat ayahnya mengumpulkan tanah kotor dalam wadah yang dibawanya. Sang Ayah tersenyum dan berkata, “Ini bukan kotoran, anakku. Ini emas.” Si anak mengerutkan keningnya. Ia jelas-jelas melihat tumpukan berwarna cokelat kehitaman, bukan benda kuning berkilau. Kemudian sang ayah mencuci tanah tersebut, menghancurkan partikel yang tersisa, dan membakarnya dalam tungku perapian. Setiap kali sang ayah mengeluarkan benda yang dibakarnya dari tungku, ia selalu mengangkat sangga yang mengapung di atas cairan yang terbentuk. Setelah beberapa kali mengeluarkan dan memasukkanyan kembali ke dalam tungku, cairan itu menjadi semakin berkilau keemasan. Lalu sang ayah mendinginkan, memproses, dan membentuk emas tersebut. Si anak hampir tak bisa mempercayai matanya sendiri melihat tumpukan tanah itu menjadi benda kesenian yang memukau.

Percaya atau tidak, kisah di atas adalah gambaran dari kehidupan Anda sendiri. Mungkin Anda melihat diri Anda penuh dengan kesalahan, kekurangan, kelemahan, serta dosa. Semua itu pun kerap membuat Anda merasa tidak layak setiap kali Anda merasakan sebuah panggilan untuk melakukan hal yang lebih lagi untuk Tuhan.

Namun, inilah kebenarannya. Tak peduli apa pun yang Anda rasakan tentang diri Anda sendiri atau bagaimana orang lain menilai Anda, Yesus melihat emas dalam diri Anda. Sebagai Pencipta Anda, Dia lebih tahu segenap potensi mulia yang ada pada Anda dan tidak sabar memakai Anda untuk kepentingan Kerajaan-Nya. Tuhan sendirilah yang akan membentuk Anda. Hanya satu yang menjadi bagian Anda: menjaga hidup dalam kekudusan. Sebab Allah adalah Kudus dan Dia tidak bisa memakai pribadi yang tidak kudus untuk perkara-perkara mulia-Nya. Mari, di Tahun Kemuliaan Tuhan ini, sediakanlah diri Anda untuk menjadi perabot emas untuk menyatakan kemuliaan-Nya. (MV.L)

RENUNGAN

Tuhan TIDAK MENCARI orang yang SUDAH KUDUS untuk dipakai-Nya, Dia MENCARI orang yang MAU DIKUDUSKAN.

APLIKASI

1. Apa sajakah hal yang menghalangi Anda untuk menjawab panggilan Tuhan dan melayani-Nya?
2. Mengapa Tuhan suka mencari orang-orang yang mau dikuduskan ketimbang orang yang sudah kudus?
3. Bagaimana Anda bisa mempersiapkan diri agar ketika Tuhan mencari, Dia pun mendapatkan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau menciptakan kami begitu berharga dan mulia. Bersihkanlah kami dari segala kotoran dunia ini, kuduskan kami dan bentuk kami menjadi apa yang Engkau inginkah. Agar kami pun boleh menjadi perabot emas yang Engkau pakai untuk memperluas Kerajaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”