Menjadi Saksi Kristus Dimanapun Kita Berada [SIANG]

BACAAN HARI INI
1 Petrus 2:1-10

RHEMA HARI INI
1 Petrus 2:9-10 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

“Ah, saya cuma menerima karunia jemaat saja..” kata seorang temannya sambil tersenyum pada suatu hari. Elen sempat bingung dengan apa yang dimaksud temannya. Ternyata maksudnya adalah ia tidak merasa terpanggil sama sekali untuk berbuat sesuatu sebagai warga Kerajaan Allah. Karunia jemaat versi temannya adalah datang, duduk, doa, menyanyi, mendengarkan firman lalu pulang, sampai jumpa minggu depan. Itulah gambaran jemaat menurut temannya, dan ia berpikir itu sudah cukup baik untuk dilanjutkan. Bukan hanya teman Elen, tetapi ada banyak orang percaya yang berpendapat sama, bahwa mereka hanya sebagai “pengunjung” saja di gereja. Dan itu sudah cukup untuk menjamin keselamatan.

Ada sebagian dari kita takut atau bahkan tidak mau untuk menjadi saksi. Kita merasa bukan siapa-siapa, biarlah pendeta saja yang bersaksi tentang Yesus. Sebenarnya, bukan kita yang memilih Tuhan, namun Tuhan yang memilih kita. Apa pun latar belakang kita, sebagai orang Kristen kita diutus untuk menjadi saksi Kristus. Alkitab mencatat ada dua saksi Kristus pertama. Mereka adalah seorang Gerasa yang disembuhkan Yesus (Mar 5:19), dan seorang wanita Samaria yang sudah punya lima suami, yang bercakap-cakap dengan Yesus di sebuah sumur. Di mata dunia kedua orang ini sama sekali tak dipandang karena latar belakangnya yang buruk. Namun mengapa mereka bisa bersaksi tentang Yesus? Karena mereka berterima kasih atas kasih Tuhan.

Setiap kita dipanggil untuk menjadi saksi Kristus di mana pun kita berada. Menjadi saksi bukan dengan perkataan semata tapi juga melalui kehidupan kita sehari-hari. Ucapan dan perbuatan yang selaras, menjadi berkat dan orang lain dapat melihat ada Kristus di dalam kita. Dimanapun kita berada, mari responi panggilan apostolik ini. Jadilah pemberita Injil dan menjadi saksi kebaikan dan kedahsyatan Tuhan, sehingga orang-orang di sekitar kita dapat mengenal Kristus melalui hidup kita.

RENUNGAN
Setiap kita DIPANGGIL untuk menjadi SAKSI KRISTUS dimanapun kita berada.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menjadi saksi Kristus dimanapun Anda berada?
2. Mengapa kita harus menjadi saksi-saksi Kristus?
3. Apa komitmen yang Anda ambil untuk mengaplikasikan renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami bersyukur memiliki Engkau sebagai satu-satunya Tuhan kami. Kami bersyukur untuk segala kebaikan dan kemurahan-Mu yang telah Engkau limpahkan dalam hidup kami. Mampukan kami untuk dapat menjadi saksi-Mu dimanapun kami berada. Kami rindu memberitakan perbuatan-Mu yang ajaib kepada dunia. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!