Menjadi Terang Dalam Keuangan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 11-13
Kisah Para Rasul 9:1-21

BACAAN HARI INI

Ulangan 8:1-20

RHEMA HARI INI

Ulangan 8:18 Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.

Suatu hari, Pak Dedi menyuruh anaknya, Leni, untuk membantunya menyuci mobil. Ia mengatakan kalau Leni melakukannya, maka ia akan memberikan maninan sebagai hadiah. Dengan semangat, Leni pun melangkahkan kaki ke garasi dan membantu ayahnya menyuci mobil. Setelah mobil selesai dicuci, Pak Dedi pun memberikan hadiah mainan yang dijanjikannya kepada anaknya. Tentu saja Leni sangat bergembira menerimanya, dan sesegera mungkin ia mengajak adiknya bermain bersama dengan mainan barunya itu.

Dari cerita singkat di atas, kita mengetahui bahwa Leni mendapatkan mainan baru karena Leni taat dan melakukan bagiannya untuk membantu ayahnya mencuci mobil. Namun, apabila kita mengamati lebih jeli lagi, bukan hanya karena Leni taat sajalah ia memperoleh mainan tersebut. Melainkan karena ayahnya yang terlebih dahulu berinisiatif memberikan hadiah kepada anaknya. Ya, sejak semula Pak Dedi-lah yang telah menetapkan perjanjian tersebut. Bahwa akan ada mainan yang diberikan kepada Leni sebagai hadiah atas ketaatannya.

Ilustrasi ini juga menggambarkan sifat perjanjian antara kita dengan Bapa. Allah berjanji memberikan berkat kepada kita, anak-anaknya, selama kita taat dalam melakukan bagian kita. Namun, sadarilah bahwa ketika kita menerima berkat dari perjanjian yang sudah diikrarkan, itu semua bukan karena semata-mata hasil dari ketaatan kita saja. Akan tetapi, anugerah Allah-lah yang dari semula menjadi alasan utama perjanjian berkat itu diadakan. Karena Allah ingin kita menjadi terang dalam keuangan, maka ia memberkati kita. Sehingga kita bisa dipakai menjadi perpanjangan tangan-Nya untuk memancarkan kemuliaan Allah.

RENUNGAN

Kalau kita ingin menjadi TERANG DALAM KEUANGAN, kita harus BANGKIT MELAKUKAN bagian kita dalam PERJANJIAN BERKAT yang diikrarkan Tuhan.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda menjadi terang dalam keuangan?
2. Menurut Anda, untuk apakah Tuhan mengadakan perjanjian berkat dengan manusia?
3. Apa yang sekiranya menjadi bagian untuk kita lakukan dalam perjanjian berkat dengan Tuhan? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami mau belajar untuk taat melakukan bagian kami dalam perjanjian berkat yang telah diikrarkan. Kami mau bangkit menjadi terang dalam keuangan, agar kami pun dapat menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar kami. Sehingga melalui hidup kami, kemuliaan Tuhan boleh terpancar keluar. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”