MENJADI TERANG YANG BERCAHAYA

BACAAN HARI INI
Lukas 11:33-36

RHEMA HARI INI
Lukas 11: 34-35 “Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu. Karena itu perhatikanlah supaya terang yang ada padamu jangan menjadi kegelapan.”

David Ray Wilkerson, seorang penginjil asal Amerika Serikat yang terkenal dengan buku karangannya, “The Cross and the Switchblade”, pendiri Teens Challenge-sebuah fasilitas rehabilitasi untuk remaja-remaja pecandu narkoba, serta Times Square Church yang berlokasi di Times Square, New York, memulai pelayanannya dari seorang pendeta untuk gereja-gereja kecil di Scottdale dan Philipsburg di Pennsylvania, sekitar 5 jam perjalanan dari New York.

Suatu hari di tahun 1958, ia melihat sebuah foto di Life Magazine tentang 7 orang remaja anggota Egyptian Dragons-sebuah geng di New York yang akan menjalani sidang. Hatinya tiba-tiba tersentuh untuk memberitakan kabar baik kepada para remaja tersebut. Ia kemudian mendatangi pengadilan dengan maksud menyampaikan kabar baik. Diluar dugaan, ia malah diusir karena dianggap mengganggu jalannya pengadilan. Sejak saat itu, Wilkerson melihat para remaja dengan mata yang berbeda. Ia menganggap bahwa mereka perlu mendengar tentang Yesus Kristus dan memulai hidup yang baru. Itulah cikal bakal pendirian Teens Challenge, sebuah program rehabilitasi untuk para remaja pecandu narkoba yang ada di Brooklyn.

Pada tahun 1963, Wilkerson juga merilis bukunya yang berjudul “The Cross and the Switchblade”-buku kisah perjalanan penginjilannya di jalanan New York. Di dalam buku tersebut ia menceritakan tentang pertobatan seorang anggota geng bernama Nicky Cruz yang di kemudian hari mengikuti jejak Wilkerson menjadi seorang penginjil. Tahun 1967, Wilkerson melanjutkan misinya yaitu membentuk gerakan Youth Crusades-pelayanan untuk remaja-remaja middle-class yang mengalami kejenuhan hidup. Tujuan pelayanan ini adalah mencegah mereka terjerumus dalam narkoba, alkohol, seks bebas, maupun kekerasan.

Hati Wilkerson kembali tergerak saat ia berjalan di 42nd street di New York City pada tengah malam tahun 1986. Ia melihat banyak orang yang memerlukan pertobatan. Hal inilah yang membuatnya memutuskan untuk memulai gerejanya sendiri pada Oktober 1987 dengan menyewa gedung bekas teater (Town Hall and the Nederlander Theatre), sebelum akhirnya membeli sendiri gedung gerejanya yang juga bekas teater (Mark Hellinger Theatre) di tahun 1989.

Jika orang-orang pada umumnya menghakimi bahkan menyalahkan para pecandu narkoba, alcoholic, maupun anggota-anggota geng sebagai sampah masyarakat, tidak demikian dengan David Ray Wilkerson. Ia melihat bahwa para remaja tersebut juga memiliki hak untuk mempunyai hidup dan masa depan yang lebih baik. Penginjilan dan pelayanannya di New York yang berlandaskan kasih tersebut menjadi terang yang bercahaya ditengah kegelapan hidup para gangster. Gereja yang ia rintis saat ini telah berdampak besar di New York City dengan 8 ribu orang jemaat. Sudahkah Anda menjadi terang bagi sekeliling Anda? Sudahkah Anda memandang mereka seperti Tuhan Yesus? Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
MATA YANG BAIK akan membuat Anda MENJADI TERANG YANG BERCAHAYA bagi orang-orang di sekeliling Anda.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menjadi terang bagi sekeliling Anda ?
2. Sudahkah ada perubahan yang Anda lakukan bagi lingkungan Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Jadikan kami terang yang bercahaya bagi sekeliling kami, ya Bapa.
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yosua 16-18
Kisah Para Rasul 21:27-40