MENJAGA API ROH TETAP MENYALA

RHEMA HARI INI

Imamat 6:13 Harus dijaga supaya api tetap menyala di atas mezbah, janganlah dibiarkan padam.”

Hangat-hangat tahi ayam, adalah istilah yang sering dipakai ibu untuk mengomentari kelakuan Yuno. Setiap kali Yuno datang dengan bersemangat membawa wacana baru kepada ibunya, ibunya hanya setengah hati menanggapi. Sebab ibu sudah hafal kebiasaan Yuno yang akan segera bosan dan meninggalkan apa yang telah direncanakannya. Itu sebabnya ketika Yuno merengek untuk ikut kursus bermain gitar, ibu tidak mau mengabulkannya. Ibu menyarankan agar Yuno meminta pamannya yang pandai bermain gitar untuk mengajarinya. Yuno yang kecewa, sempat merajuk beberapa hari, namun tak lama kemudian perhatian Yuno sudah teralih ke hal yang lain.

Di dunia ini ada jenis orang yang mudah sekali terbakar. Cukup dengan sedikit bujuk rayu dan pujian, orang ini akan dengan mudahnya dikendalikan. Misalnya, untuk membeli barang yang sebenarnya tidak ia butuhkan. Ada yang hanya dipanas-panasi sedikit, hatinya langsung terbakar oleh emosi. Atau yang seperti Yuno, mudah tertarik dan bersemangat sekali di awal, namun dengan mudahnya pula meletakkan begitu saja apa yang sedang dikerjakannya dan beralih ke hal baru yang menarik hatinya.

Demikian pula halnya dengan kerohanian kita. Ada banyak orang yang mudah terbakar saat beribadah di gereja dan mendengarkan firman Tuhan. Hati rasanya begitu menggebu-gebu dan berkobar-kobar. Ketika Rhema Tuhan disampaikan, rasanya ingin segera melakukannya. Hatinya dijamah oleh Roh Kudus dan mulai tergetar, ajakan untuk melayani pun segera ditanggapi dengan bersemangat. Tetapi jika hanya sampai di tahap itu, maka getaran itu hilang dan kita kembali seperti semula. Secepat apa ia terbakar, secepat itu pula apinya padam. Ya, tidak semua orang dapat menjaga api untuk tetap menyala. Diperlukan kedisiplinan dan ketekunan untuk kobaran yang dinyalakan oleh Roh Kudus. Dengan hidup melekat pada Tuhan dan firman-Nya, dari awal hari sampai kita mengakhiri hari, maka nyala api di mezbah akan terus terjaga dan roh kita akan senantiasa terbakar di dalam Tuhan. (PF)

RENUNGAN

Banyak orang MUDAH TERBAKAR, tetapi tidak semua orang dapat MENJAGA API untuk tetap MENYALA.

APLIKASI

1. Bagaimana Anda menilai diri Anda sendiri? Apakah Anda tipe orang yang mudah terbakar?
2. Selama ini sudahkah Anda bisa menjaga api itu tetap menyala?
3. Dengan cara bagaimana Anda menjaga api roh Anda tetap menyala?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, janganlah biarkan api roh kami padam. Kami akan terus berjuang untuk menjaga api itu tetap menyala. Biarlah Roh Kudus-Mu yang senantiasa menuntun dan mengajari kami mengobarkan Api-Mu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!