MENJAGA HATI SAMA DENGAN MENJAGA API TETAP MENYALA

RHEMA HARI INI

Amsal 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Dalam melayani pekerjaan Tuhan bukan tidak mungkin jika suatu saat terjadi gesekan dengan sesama rekan pelayanan. Teguran, perbedaan pendapat, salah paham atau lainnya, bisa menimbulkan kekecewaan jika kita tidak pandai-pandai menjaga hati. Namun banyak juga hamba Tuhan yang sudah melayani puluhan tahun dan mereka tetap bisa melayani dengan sangat baik. Contoh yang paling dekat adalah bapak gembala sidang kita, Ps, Obaja Tanto Setiawan.

Kita bisa belajar bagaimana beliau bisa menjaga hatinya dengan luar biasa. Selama pelayanannya, sangat mungkin banyak orang memberikan komentar negatif, menyalahartikan atau bahkan memberikan tuduhan yang tidak baik atas pelayanan beliau. Tetapi Pak Obaja tetap fokus kepada Tuhan dan bukan pada perkataan orang. Terus belajar menjaga hati membuat Pak Obaja tetap bisa memberikan yang terbaik bagi Tuhan. Sebagian orang mungkin berkata, mudah saja bagi seorang pendeta untuk menjaga hati, tetapi pendeta pun juga manusia yang memiliki perasaan dan hati. Bisa kesal, bisa marah, bisa kecewa, bahkan bisa sakit hati. Bedanya adalah, karena Pak Obaja tidak pernah membiarkan perasaan-perasaan negatif itu tinggal di dalam hatinya. Dengan selalu mendekat dan bersekutu dengan Tuhan, hati dan perasaan beliau makin di sempurnakan.

Itulah sebabnya mengapa Pak Obaja bertambah umur bukannya makin meredup, namun justru makin giat dan berbuah lebat. Kuncinya adalah menjaga hati sehingga api rohnya tetap menyala. Visi yang dari Tuhan, tetap dipegang erat meski tidak ada jaminan kapan akan terjadi. Api roh yang menyala itulah yang memberikan hikmat dan pewahyuan, sehingga ketika banyak gereja terpukul dampak pandemi, gereja kita justru mengalami terobosan yang luar biasa. Jauh sebelum pandemi, Pak Obaja telah memikirkan dan merintis Gereja Internet. Meski awalnya banyak yang meragukan apakah bisa berkembang, terbukti saat ini banyak jiwa telah melihat terang Tuhan dan diselamatkan melalui Gereja Internet. Oleh karena itu, mari kita juga senantiasa belajar menjaga hati. Jangan biarkan hal-hal negatif merusak hati kita dan akhirnya memadamkan api revival kita.

RENUNGAN

MENJAGA HATI sama dengan MENJAGA API agar tetap menyala dalam roh kita.

APLIKASI

1. Menurut Anda, sudahkah selama ini Anda menjaga hati Anda dari hal-hal yang negatif?
2. Apa yang terjadi dengan api roh Anda ketika Anda tidak menjaga hati dengan waspada?
3. Hal-hal apa saja yang selama ini sering mengecewakan Anda? Bagaimana Anda akan mengatasinya dan menjaga hati Anda agar api roh tetap menyala?

DOA UNTUK HARI INI

“Terimakasih Tuhan, Engkau telah memberikan teladan bagi kami melalui hidup bapak gembala sidang kami. Pakai kami lebih lagi untuk bisa melayani dan memberi yang terbaik bagi kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!