Mentalitas Untuk Melihat Level Berikutnya

BACAAN HARI INI
Roma 8:18-30

RHEMA HARI INI
Roma 8:24-25 Sebab kita diselamatkan dalam pengharapan. Tetapi pengharapan yang dilihat, bukan pengharapan lagi; sebab bagaimana orang masih mengharapkan apa yang dilihatnya? Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat, kita menantikannya dengan tekun.

Kuliah di kota besar seperti Surabaya atau Jogjakarta adalah mimpi Wina sejak SMA. Namun apa daya, mimpinya harus hancur berkeping-keping manakala keluarganya mengalami badai yang cukup besar sampai keuangan keluarganya habis dan tidak ada biaya untuk Wina bisa kuliah. Tambahan lagi, Wina harus dititipkan ke rumah neneknya di Solo, kota yang tidak pernah diinginkan Wina untuk tinggal.

Sedih, hancur, hampir putus asa, itulah yang dirasakan Wina. Namun kehancurannya itu justru membuat Wina berlari kepada Tuhan. Disitulah justru Wina mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan Yesus. Dan oleh anugerah Tuhan, Wina bisa diterima kuliah di perguruan tinggi negeri di Solo dengan biaya sangat murah. Bahkan bukan hanya itu saja, setelah Wina menyelesaikan kuliahnya, Wina ditempatkan oleh Tuhan untuk melayani Tuhan sepenuh waktu di Keluarga Allah, sebuah gereja yang sedang mengalami perkenanan Tuhan yang luar biasa.

Siapa sangka, justru dalam keterpurukan, ada rencana besar Tuhan yang belum terlihat yang akhirnya dinyatakan? Walau terkadang apa yang kita harapkan tidak kunjung terjadi, seburuk dan sekelam apa pun situasi yang sedang kita hadapi, jangan pernah kehilangan pengharapan. Milikilah mentalitas melihat level berikutnya, lihat kebaikan Tuhan dalam hidup kita, anugerahnya tak habis-habisnya untuk kita. Lihatlah begitu banyak hal lain yang bisa kita syukuri, keluarga kita, kesehatan kita, perlindungan dan kasih Tuhan. Jika kita mampu melihatnya di tengah kesesakan, maka kuasa Tuhan akan bekerja dengan luar biasa dalam hidup kita. Hal-hal yang ajaib dan tidak masuk akal akan terjadi bagi mereka yang tekun dan setia dalam pengaharapan akan Tuhan.

RENUNGAN
Tak peduli seburuk dan sekelam apa pun situasi kita, milikilah mentalitas MELIHAT LEVEL BERIKUTNYA.

APLIKASI
1.    Apakah yang Anda lihat dalam situasi Anda saat ini?
2.    Apa yang ingin Anda lihat untuk masa depan Anda? Bisakah Anda memvisualisasikannya?
3.    Kesampingkan kesulitan yang sedang Anda hadapi, dan coba pikirkan kebaikan apa saja yang telah Tuhan berikandalam hidup Anda sampai saat ini.

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami mengucap syukur atas segala yang telah terjadi atas hidup kami. Apa pun yang telah dan tengah terjadi, kami percaya semua ada dalam kendali-Mu dan semua untuk kebaikan kami. Bimbing dan ajar kami, Bapa, untuk mampu melihat melampaui yang kelihatan oleh mata jasmani kami, agar kami bisa melihat rencana-Mu yang besar dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.