MENYADARI KEBERADAAN MUSUH DAN MENGALAHKANNYA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Raja-Raja 13-14
Yohanes 2

BACAAN HARI INI
Efesus 6:10-20

RHEMA HARI INI
Efesus 6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;

Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-72 di kota Jember, ada sebuah pertandingan yang digelar, yaitu pertandingan tinju. Pertandingan ini menjadi unik karena mata kedua pemainnya harus ditutup. Hal itu tentu saja membuat para penonton tertawa melihat kelucuan kedua pemain yang berusaha menjatuhkan lawannya tanpa mengetahui di mana keberadaan satu sama lain. Namun, seandainya penutup mata dari salah satu pemain itu dilepaskan, dan pertandingan dilanjutkan, dapatkah kita membayangkan apa yang akan terjadi? Tentu saja pemain tanpa penutup mata akan dengan sangat mudah melancarkan serangan dan menbuat lawannya jadi bulan-bulanan.

Hal seperti itulah yang sesungguhnya sering kali terjadi dalam hidup banyak anak Tuhan. Iblis bisa melihat kita dengan sangat jelas. Ia tahu apa yang sedang kita lakukan. Sementara kita sering kali tidak menyadari keberadaannya. Akibatnya kita pun dijadikan bulan-bulanan. Berkali-kali iblis melancarkan serangan dan mengenai kita. Ia akan mempengaruhi kita supaya kita sakit hati. Ia akan ingatkan terus dosa dan kegagalan kita, sehingga akhirnya kita sulit untuk bangkit serta berjuang kembali. Iblis akan membuat kita percaya pada berita-berita yang mendatangkan ketakutan dan menanamkan pemikiran yang salah, sehingga kita meragukan janji Tuhan, lalu kehilangan damai sejahtera

Namun hari ini, mari buatlah perbedaan. Ingatlah peringatan firman Tuhan bahwa keberadaan iblis sama seperti singa yang berkeliling untuk mencari mangsanya. Ia akan mencari anak Tuhan dan selalu mencari kesempatan untuk menjatuhkan kita. Kenakanlah selengkap senjata Allah seperti yang dicatat di dalam Alkitab. Jangan lagi izinkan hidup kita menjadi bulan-bulanan dan bahan tertawaan iblis. Pegang teguh janji Tuhan, rebut kembali segala sesuatu yang sudah iblis rebut dari hidupmu. Terlebih lagi, di momen Natal ini, rebut dengan sekuat tenaga damai sejahtera dan sukacita tak berkesudahan yang sudah Tuhan sediakan bagi kita. Seiring dengan damai sejahtera dan sukacita Natal yang memenuhi hati kita, kita pun akan melihat bagaimana Tuhan semakin menyatakan terang kemuliaan-Nya. Haleluya!

RENUNGAN
JANGAN IZINKAN iblis mencuri damai dan sukacita, tetapi kita HARUS REBUT KEMBALI sukacita kita.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menyadari bahwa Anda ada di tengah-tengah peperangan dengan musuh Anda yang tidak terlihat? Mengapa?
2. Adakah iblis berusaha merebut damai sejahtrea dan sukacita yang sudah disediakan oleh Tuhan bagi Anda? Dalam hal apakah itu?
3. Apa tindakan nyata Anda supaya Anda mendapatkan kembali sukacita dan damai sejahtera itu? Tuliskan!
DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, Engkau Raja Damai. Terima kasih atas damai sejahtera dan sukacita yang sudah Engkau sediakan bagi kami. Kami tahu itu adalah hadiah besar bagi setiap kami. Tapi kami tahu, iblis akan berusaha merebutnya dari kami. Berikan kami iman yang teguh dan roh yang terus berjuang dan berjaga-jaga, supaya kami mampu mengalahkan setiap tipu daya iblis dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”