Merdeka dari Kekecewaan

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 29 Oktober 2016

BACAAN HARI INI

Habakuk 3:13-19

RHEMA HARI INI

Habakuk 3:17-18 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.

Masih ingatkah Anda dengan Regina Idol? Bernama lengkap Regina Ivanova Palopa, ia terlahir di Jakarta pada tanggal 4 Desember 1985. Regina mengalami kegagalan sebanyak 6 kali selama mengikuti audisi “Indonesian Idol” musim ke-1 hingga musim ke-6. Namun, ia memberanikan diri mengikuti audisi “Indonesian Idol” untuk yang ketujuh kalinya. Yang sekaligus merupakan kesempatan terakhir baginya, karena batasan usia yang ditetapkan oleh penyelenggara untuk musim ke-7 adalah 26 tahun. Kemudian Regina lolos audisi dan maju ke babak berikutnya. Akhirnya, perjuangan yang dilakukan oleh Regina berbuah manis, dan ia pun berhasil menjadi pemenang dari “Indonesian Idol 2012”.

Bagaimana kalau kita mengikuti sebuah kompetisi dan gagal 6 kali? Mungkin kita akan mengalami kekecewaan dan putus asa. Dalam kisah di atas, meskipun Regina mengalami masa-masa yang susah, namun ia tetap berserah dan menaruh pengharapan kepada Tuhan. Sehingga akhirnya ia berhasil dalam hidupnya.

Manusia yang masih hidup pasti memiliki masalah. Tuhan tidak pernah berjanji untuk membebaskan umat-Nya yang percaya dari masalah. Tuhan berjanji akan senantiasa menyertai umat-Nya yang percaya, yang artinya menyertai baik Saudara dalam masalah maupun tidak ada masalah. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Saudara bisa mengalami mujizat saat mengalami permasalahan. Apabila Saudara mengandalkan kekayaan Saudara, kedudukan Saudara, keluarga Saudara, ataupun segala sesuatu yang Saudara miliki, Saudara akan mengalami kekecewaan hati. Jika Saudara sedang berjuang mengatasi masalah utang, masalah keluarga, masalah keuangan, masalah sakit-penyakit, masalah pekerjaan, maupun masalah lainnya dan mengalami kegagalan, jangan kecewa. Tetaplah berjuang. Ingatlah masih ada Tuhan sebagai satu-satunya tempat menaruh pengharapan. Saat menemui masalah, hendaknya Saudara hanya berharap kepada Tuhan saja, agar dimerdekakan dari semua kekecewaan hati Saudara. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Taruhlah PENGHARAPAN kita hanya kepada Tuhan, maka kita akan DIMERDEKAKAN dari semua kekecewaan hati

APLIKASI

  1. Apa komitmen anda untuk menaruh pengharapan hanya kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, ajarilah kami untuk senantiasa menaruh pengharapan hanya kepada-Mu sehingga kami dimerdekakan dari kekecewaan hati. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yosua 12-15