Merencanakan Keuangan Sesuai Dengan Petunjuk Firman-Nya

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 09 Februari 2017

BACAAN HARI INI

Lukas 12:15-21

RHEMA HARI INI

Lukas 12:21 Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah.

Saat ibadah Minggu, pendeta mengumumkan bahwa akan ada persembahan Paskah khusus untuk membantu sebuah keluarga miskin. Seorang anak laki-laki dan dua saudara perempuannya merasa tertantang. Mereka mulai mengumpulkan uang dengan menjaga bayi, membersihkan rumah orang lain dan melakukan pekerjaan berkebun bagi orang yang membutuhkan. Mereka juga membuat dan menjual tatakan pot. Saat Paskah tiba, mereka telah berhasil mengumpulkan tujuh puluh dolar. Dengan tidak sabar, mereka menantikan hari Minggu untuk membawanya ke gereja dan mempersembahkan uang itu. Sore itu, sang pendeta muncul di rumah mereka dengan membawa amplop. Setelah pendeta itu pergi, mereka mendapati 87 dolar dalam amplop. Ternyata persembahan khusus Paskah itu diadakan untuk keluarga mereka. Dalam sekejap anak-anak itu merasa begitu miskin, hal yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya.

Hari minggu berikutnya, mereka membisu saat berada di gereja. Hari itu pembicaranya adalah seorang misionaris yang menceritakan bagaimana uang seratus dolar dapat membangun sebuah atap gereja di Afrika. Anak-anak itu memutuskan untuk menaruh uang 87 dolar yang mereka dapatkan untuk persembahan. Saat ibadah selesai, lebih dari seratus dolar terkumpul. Kemudian sang misionaris berkata, “Gereja ini pasti memiliki keluarga yang kaya!” Ya, memang, anak-anak ini tidak pernah merasa miskin, sebab mereka tahu Tuhan sudah dan akan terus mencukupkan segala kebutuhan mereka.

Berapa banyak dari kita yang berlomba untuk mengumpulkan harta dan kemudian menguburnya, kita merasa miskin ketika ada tantangan persembahan, dan menganggap orang lain malas saat kita berhadapan dengan mereka yang membutuhkan bantuan? Sebagai anak Tuhan, sudah menjadi tugas kita untuk belajar mengelola keuangan kita sesuai dengan petunjuk Tuhan. Carilah kehendak-Nya dan tujuan-Nya dalam hidup kita, maka Tuhan akan memberkati kita untuk menjadi saluran berkat-Nya. Pada saat kita dapat dipercaya dengan apa yang ada pada kita sekarang, Tuhan akan percayakan yang lebih besar lagi. Hidup kita akan penuh favor Tuhan. Amin.

RENUNGAN

TUHAN TIDAK BERKENAN jika kita TIDAK MERENCANAKAN KEUANGAN KITA sesuai dengan petunjuk firman-Nya dan hanya MENGUBURNYA

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda mengelola uang yang Anda miliki selama ini?
  2. Mengapa Tuhan ingin kita merencanakan keuangan kita sesuai dengan petunjuk firman-Nya?
  3. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mulai merencanakan keuangan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Ampuni kami, Tuhan, jika selama ini kami belum merencanakan keuangan kami sesuai dengan petunjuk-Mu. Bimbing kami, agar kami dapat mengerti bagaimana cara yang benar di mata-Mu untuk merencanakannya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yunus 1-4