Meresponi Tuntunan Tuhan Membawa Kita Pada Kemenangan-Nya

BACAAN HARI INI
1 Korintus 10:1-33

RHEMA HARI INI
1 Korintus 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Terus memimpin di garis depan, selangkah lagi Roger Casugay akan berhasil memenangi perlombaan selancar dalam perhelatan Sea Games tahun ini. Namun niat memenangi lomba itu tiba-tiba diurungkannya. Ia melihat ombak besar menerjang Arip Hidayat, atlet selancar asal Indonesia, yang berada tepat di belakangnya. Atlet selancar Filipina ini mengerti betul bahwa Arip sedang berada dalam bahaya. Dengan cepat Roger berbalik, ia meluncur menyelamatkan Arip dan segera membawanya ke tepian. Seusai lomba, aksi heroik Roger Casugay tersebut banyak mendapatkan pujian. Netizen Indonesia ramai mengucapkan terima kasih kepada Roger. Bahkan, Presiden Jokowi pun memujinya lewat twitter, “Memenangkan kompetisi dan menjunjung sportivitas itu penting, tapi kemanusiaan di atas segalanya. Apresiasi saya untuk Roger Casugay, peselancar Filipina yang melepas kesempatan meraih emas demi menolong atlet Indonesia yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia,” tulis bapak Jokowi.

Roger Casugay, dibalik kegagalannya untuk memenangkan perlombaan, ia berhasil menyelamatkan hidup seseorang. Kegagalan yang terjadi karena keputusannya untuk meresponi tuntunan Tuhan, tidak lantas membuatnya jadi seorang yang terpuruk. Jika saat itu ia berhasil memenangi medali emas Sea Games, namanya pasti akan dikenal di Filipina. Tetapi oleh karena kebaikan yang telah dilakukannya, bukan hanya namanya dikenal di negaranya tetapi sampai ke seluruh dunia.
Ayat Rhema kita hari ini memberi penenguhan dan semangat bagi kita. Apapun pencobaan yang kita alami saat ini, semua dalam kendali Tuhan. Dia yang mengetahui batas kekuatan kita, telah berjanji bahwa apapun yang sedang kita hadapi tidak akan melebihi dari apa yang sanggup kita tanggung. Dan bahwa Dia akan memberi kita jalan keluar. Jika saat ini kita sedang menemui kegagalan, janganlah putus asa. Kegagalan bukanlah akhir dari hidup kita. Saat kita mau meresponi tuntunan Tuhan, maka ada jalan keluar yang terbaik yang Tuhan sudah sediakan bagi kita. Tuhan tidak pernah kekurangan cara untuk mengembalikan kita pada jalur-Nya, yaitu jalur kemenangan.

RENUNGAN
KEGAGALAN bukanlah akhir hidup kita, selama kita mau MERESPONI TUNTUNAN TUHAN, kita akan menerima JALAN KELUAR.

APLIKASI
1. Kegagalan, kekecewaan, keterpurukan dan kelemahan apa yang saat ini sedang membelenggu hidup Anda?
2. Sudahkah Anda membawa semuanya ke hadapan Tuhan dalam doa?
3. Mintalah kepada Tuhan untuk membuka mata rohani Anda supaya Anda bisa mengerti kehendak dan rencana Tuhan dibalik kegagalan Anda.
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus kami bersyukur atas semua kebaikan yang selalu Kau curahkan dalam hidup kami. Saat ini kami mau serahkan kekecewaan, keterpurukan, kegagalan, kelemahan kami kepadaMu, sebab kami tahu, Engkaulah sumber kemenangan dan damai sejahtera kami. Kami mohon urapanMu agar kami selau bisa mengerti setiap jalanMU dan berjalan sesuai dengan kehendakMu. Dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”