Modal Utama Terima Anugerah

RHEMA HARI INI
Efesus 3:19    dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

Setelah dua hari yang panjang, terbaring di dasar laut, dalam kapal selam mereka yang rusak, anggota-anggota kru kapal selam menerima perintah dari perwira komandan mereka untuk menyanyikan himne ini,

Tinggallah sertaku, malam turun dengan cepat,
Kegelapan semakin dalam, Tuhan tinggallah sertaku,
Kala penolong lain gagal, dan penghiburan lalu,
Tolonglah yang tak berdaya ini, oh.., tinggallah sertaku.

Setelah himne ini selesai dinyanyikan, si komandan menjelaskan kepada orang-orangnya bahwa himne itu adalah doanya bagi mereka, dan ia berharap himne itu mengandung makna bagi mereka sama seperti himne itu bermakna baginya sendiri. Kemudian ia menjelaskan bahwa berdasarkan informasi yang didapatnya, hidup mereka tidak akan lama lagi, hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada harapan untuk mendapatkan pertolongan dari luar, tim penyelamat dari daratan sama sekali tidak mengetahui posisi dimana kapal selam itu berada. Obat penenang dibagikan kepada semua orang untuk menenangkan syaraf mereka, seorang pelaut tidak kuat mendengar kabar si komandan, ia pingsan, saat kesadarannya hilang, ia jatuh menghantam sebuah alat, menggerakkan mekaniknya, dan itu membuat kapal selam itu menjadi bergerak secara keseluruhan, alat yang sebelumnya macet, karena benturan itu justru menjadi berfungsi sebagaimana mestinya, kapal itu naik kepermukaan air dan akhirnya berlabuh.

Sama dengan pertolongan Tuhan yang berlaku atas kapal selam itu, semuanya tidak masuk akal dan melampaui kemampuan manusia, demikian juga dengan Anugerah Tuhan yang “ditawarkan” kepada kita, sungguh tidak masuk akal dan melampaui kemampuan kita, siapakah kita manusia? Tidak satupun dari kita layak untuk menerima Anugerah Tuhan. Bagian kita hanyalah menerima pemberian luar biasa itu, modal kita hanyalah Percaya, dan selebihnya biar Tuhan mengerjakan karya-Nya yang menakjubkan dalam hidup kita, Amin, Tuhan Yesus memberkati. (CG)

RENUNGAN
Yang namanya ANUGERAH selalu tidak masuk akal dan MELAMPAUI kemampuan kita, itulah sebabnya modal utama untuk menerimanya adalah PERCAYA.

APLIKASI
1. Ketika Anda sudah percaya sepenuhnya pada Tuhan, apa saja yang saudara dapatkan dan saudara rasakan ?

2. Apakah Anda menyadari bahwa semua itu adalah anugerah Tuhan, coba renungkan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa Engkau teramat baik dan sangat baik, anugerahMu melebihi segalanay, kami mau terus percaya karena anugerahMu sungguh nyata dalam hidup kami. Amin