Mujizat Dalam Mezbah Keluarga

RHEMA HARI INI

Matius 18:19-20  Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.

Terdapat seorang pemuda yang tahu  kalau doa mezbah keluarga itu bisa menyatukan seluruh keluarga.  Jaman beberapa tahun sebelumnya mereka melakukan doa mezbah keluarga, tapi lama-lama pemuda tersebut merasa bosan karena pasti di adakan pada waktu ada film yang seru di TV, dan lama sekali bisa sampai 1 jam lebih, sehingga ia menjadi bosan, dan tidak tahu lagi apa yang akan diomongkan lagi. Ketika keluarganya mendapat pengarahan dari pendeta di gereja tentang doa mezbah keluarga, mereka mulai melakukannya lagi. Namun seperti soda, di depan semangat tapi pas di belakang-belakang malas lagi. Jadi keluarga tersebut akhirnya jarang sekali doa mezbah keluarga lagi karena kesibukan masing-masing. Akhirnya pada suatu saat keluarga pemuda tersebut yaitu mama dan papanya  karena sesuatu kebutuhan yang mendesak, meminjam uang kepada tantenya dari uang pembagian warisan. Uang ini untuk beli rumah baru di tempat yang tidak terkena banjir. Karena kebutuhan yang semakin bertambah, hingga akhirnya keluarga ini kesulitan untuk membayar hutang kepada tantenya. Terpaksalah mereka mengoper kontrak kios yang selama ini mereka pakai untuk usaha. Namun ternyata selang berapa lama, kios itu tidak juga laku. Mereka sudah benar-benar putus asa, pemuda tersebut juga kasihan pada mama dan papanya. Akhirnya mama dan papanya mengajak pemuda tersebut untuk mengadakan mezbah keluarga. Dan ajaib! Dalam waktu beberapa jam saja, tiba-tiba ada orang yang mau kontrak kios itu dengan harga yang bagus. Pemuda tersebut akhirnya mengakui bahwa mezbah doa keluarga itu memang ada mujizatnya. Kalaupun terkadang susah karena malas dan seringkali dilakukan di jam yang menurutnya ‘tidak tepat,’ tapi mezbah keluarga itu penting sekali.

Kita mungkin seperti pemuda tersebut. Tahu tentang pentingnya mezbah keluarga, tapi tidak dilakukan. Ada kuasa yang bisa ditimbulkan dari kesepakatan dan kebersamaan. Dua atau tiga orang berkumpul, Yesus hadir, dan kesepakatan untuk meminta dalam nama Yesus akan membuat permintaan dikabulkan. Itu janji Tuhan. Bagaimana itu bisa hadir apabila tidak ada kesatuan lagi dalam keluarga? Semua itu pun akan luput dari kita. Kesepakatan bisa diibaratkan sebagai sebuah kerjasama dalam kesatuan yang harmonis, saling dukung, saling bantu, satu suara. Dari kisah Nuh, kita melihat bahwa kerjasama harmonis bukan saja terjadi antara suami-istri dan anak, namun ada campur tangan Tuhan pula di dalamnya. Ketika Nuh disuruh membangun bahtera, perhatikan Tuhan memberitahukan secara rinci mengenai bagaimana membangun bahtera tersebut. Ini menunjukkan dengan jelas bahwa untuk memperoleh keselamatan, sebuah kerjasama tim juga harus melibatkan Tuhan. Jadi setiap kali mezbah keluarga dibangun, maka Tuhan akan hadir dan mencurahkan berkatnya atas keluarga tersebut.  (ABU)

 

RENUNGAN

Kalau Tuhan hadir di tengah- tengah keluarga kita, keluarga kita pasti diberkati.

APLIKASI

  1. Apakah mezbah keluarga masih anda anggap sebagai beban?
  2. Apakah Tuhan sudah hadir dalam keluarga kita?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, kami percaya setiap kali mezbah keluarga dibangun, maka Tuhan akan hadir dan mencurahkan berkatnya atas keluarga kami. Tolong kami Roh Kudus agar kami membuka diri untuk menerima pesan Firman Tuhan bagi keluarga kami. Amin.