Nilai Plus Dari Persepuluhan

BACAAN HARI INI
2 Korintus 8:1-15

RHEMA HARI INI
2 Korintus 8:2-3 Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan. Aku bersaksi, bahwa mereka telah memberikan menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka.

Nama Colgate bagi orang awam adalah pasta gigi ternama, sedangkan bagi pengikut Kristus, Colgate adalah teladan terbaik pengelolaan perusahaan dengan prinsip Alkitab. Ya, William Colgate adalah pengusaha sukses yang mengelola bisnisnya berdasarkan prinsip-prinsip Alkitab. Kegagalan-kegagalan yang dialaminya sejak dari muda, membuatnya sadar bahwa pengelolaan yang salah membuat bisnis yang baik menjadi tidak berarti lagi.

Masa kecil dilewatinya dengan membantu orangtuanya mengelola bisnis sabun dan lilin, meski mereka bekerja keras tetapi kenyataannya usaha itu gagal. Lalu William memulai usahanya sendiri, tetapi ia kekurangan modal dan harus menghentikan usahanya itu. Berikutnya ia magang di perusahaan pembuat sabun, di sana ia melihat dan sadar bahwa usaha itu baik tetapi pengelolaannya salah. Dan benar, perusahaan itu akhirnya tutup. Kembali ia memulai usahanya sendiri, kali ini ia mempraktekkan apa yang ia dapatkan dari persekutuan pribadinya dengan Tuhan. Ia mengembalikan persepuluhannya kepada Tuhan, dan Tuhan membuat usahanya berhasil. Nama Colgate menjadi salah satu pengusaha terkenal di New York. Bukan hanya perusahaannya, tetapi Tuhan juga memberkatinya dengan keluarga yang luar biasa. Istri dan anak-anaknya hidup dekat dengan Tuhan, William pun mulai menjadi donatur kegiatan-kegiatan sosial. Melihat usahanya yang semakin luar biasa, Colgate memutuskan untuk menambah persembahannya menjadi dua puluh persen bahkan tiga puluh persen dikembalikan kepada Tuhan. Saat ini Colgate Palmolive adalah salah satu perusahaan tertua di Amerika dan dinobatkan sebagai salah satu dari 500 perusahaan paling sukses di Amerika.

Persepuluhan adalah kunci sukses yang diajarkan Tuhan. Saat kita mengembalikan persepuluhan itu sesungguhnya bukan Tuhan yang diuntungkan, tetapi kita. Kesuksesan William Colgate merupakan bukti buah ketaatan pada Tuhan. Jika kita percaya dan taat pada ajaran Tuhan, kitapun bisa mengadopsi kesuksesan Colgate. Mengembalikan persepuluhan, tidak akan membuat kita jadi minus. Justru persepuluhan mampu menghancurkan semua minus yang ada dalam hidup kita dan mengubahnya jadi PLUS PLUS PLUS. Pertumbuhan dan pelipatgandaan yang luar biasa, plus keluarga yang diberkati, plus kesehatan yang prima, plus sukacita yang limpah, plus damai sorgawi dan plus dengan pelayanan yang memuliakan Tuhan.

RENUNGAN
Saat kita memahami KUASA DALAM PERSEPULUHAN, kita akan melihat bahwa HASIL DARI PERSEPULUHAN bukanlah minus, tetapi PLUS.

APLIKASI
1. Apakah Anda percaya dengan matematika surga, dimana 5+2 bukan 7 tetapi 5000 roti dan ikan plus 12 bakul sisanya? Mengapa?
2. Sudahkah Anda mengalami kuasa yang ada dalam persepuluhan?
3. Hal minus apa saja yang telah berubah menjadi plus dalam hidup Anda melalui persepuluhan?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa, celikkanlah mata rohani kami, agar kami mampu melihat kuasa dalam persepuluhan. Agar kami dapat memahami maksud mulia-Mu dibalik persembahan persepuluhan. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.