Peka Mendengar Suara Tuhan

woman listening to gossipRHEMA HARI INI
Yesaya 1:19 Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu.

Pada suatu hari, seorang bapak kehilangan anjing yang sangat dicintainya. Ia berusaha keras untuk menemukan anjing yang hilang itu, tetapi sejauh ini usahanya tidak membuahkan hasil. Maka ia memasang iklan di sebuah surat kabar dan memberikan ciri-ciri anjing yang hilang itu. Ia juga menjanjikan hadiah bagi siapa saja yang dapat menemukan anjing kesayangannya itu. Dua hari kemudian ia menerima telepon dari seseorang yang tinggal lebih kurang 150 km dari rumah tempat tinggalnya. Si penelpon berkata bahwa ia telah menemukan anjing yang sangat cocok dengan ciri-ciri yang disebutkan dalam iklan surat kabar yang dibacanya. Anjing itu dibawa ke rumahnya, dalam keadaan sangat lemah, tetapi tetap tidak mau makan walaupun sudah dibujuk sekuat tenaga untuk makan. Pemilik anjing itu berkata: “Cobalah aku berbicara kepada anjingku itu.” Telepon itu dibawa ke dekat anjing itu dan si pemilik bicara memanggil-manggil nama anjingnya. Mendengar suara tuannya, anjing yang tadinya lemah dan murung itu segera tampak segar dan ceria. Dikibaskannya ekornya dan anjing itu mencari-cari tuannya di ruangan itu serta berputar-putar di kolong meja. Ketika akhirnya anjing itu tahu suara tuannya bersumber dari telepon, ia menghampiri telepon itu, mendengarkan suara tuannya baik-baik. Pemilik anjing itu mencatat alamat si penelepon dan segera mengendarai mobilnya menuju kesana. Ketika sampai di rumah itu, ia melihat anjingnya sudah segar kembali sebab sudah makan dengan lahapnya. Anjing ini bisa mengalami perubahan karena ia sudah mendengar suara tuannya. Bagaimana ia bisa mengenali suara tuannya? Karena anjing ini tiap hari bergaul dengan tuannya.

Demikian juga dengan kita. Kalau kita terus-menerus mengalami jamahan Tuhan dalam saat-saat persekutuan pribadi kita dengan Tuhan, maka kita akan peka terhadap suara Tuhan kita Yesus Kristus. Dan ketika kita peka mendengarkan suara Tuhan, kita taat terhadap kehendak-Nya, maka suara petunjuk-Nya itu akan membawa kita mengalami segala sesuatu yang baik dalam hidup kita.

RENUNGAN
Jamahan Tuhan atas hidup kita membuat kita memiliki KEPEKAAN mendengarkan SUARA TUHAN.

APLIKASI
1. Bagaimana saudara memperjuangkan supaya memiliki kepekaan akan suara Tuhan?

2. Bagaimana suara Tuhan akan menuntun hidup saudara mengalami segala sesuatu yang baik dalam hidup saudara?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, tolong kami memiliki kepekaan akan suara-MU, sebab kami percaya suara-MU akan menuntun kami mengalami segala sesuatu yang baik dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Amin.