Pelayanan Utama Yesus Yang Lainnya

ReKA Video

 

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
Matius 9:18-35

RHEMA HARI INI
Matius 9:35 Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

Tidak ada orangtua yang mengharapkan hidup anaknya berputar antara UGD, spesialis penyakit langka, dan kamar rumah sakit. Namun, sejak berusia enam tahun, Annabel Beam sudah didiagnosa penyakit usus yang langka. Akhir tahun 2011, Annabel dan kakaknya memanjat pohon kapuk besar. Tak disangka, cabang pohon yang mereka duduki patah dan ia terjatuh ke dalam lubang batang pohon sedalam sembilan meter, dengan kepala terlebih dahulu. Dua jam setelah petugas damkar datang, ia berhasil dikeluarkan. Meski hidup, kecil kemungkinan ia tidak mengalami kelumpuhan. Betapa terkejutnya orangtuanya ketika hasil pemeriksaan menunjukkan ia hanya mendapatkan benjol ringan dan memar-memar. Beberapa hari kemudian, Annabel mulai bercerita bahwa ia dibawa ke sorga dan duduk di pangkuan Tuhan Yesus. Sewaktu itu, Yesus berkata bahwa ketika ia terbangun, ia tidak akan kekurangan satu hal pun. Tepat seperti perkataan Tuhan, bukan saja terluput dari cedera besar dan kelumpuhan, Annabel juga terlepas dari obat-obatan yang biasa dibutuhkannya. Ia pun bertumbuh sehat, serta memiliki impian besar untuk menjadi dokter spesialis anak.

Ya, karena kasih-Nya yang besar, tak ada yang tak dapat Yesus lakukan bagi kita. Pelayanannya selama tiga setengah tahun di bumi membuktikan bahwa Dia bukan hanya peduli tentang keselamatan manusia. Seperlima waktu-Nya digunakan untuk pelayanan kesembuhan illahi. Ke mana pun Dia melangkah, Yesus tidak pernah menutup mata-Nya terhadap orang-orang yang membutuhkan kesembuhan.

Kini, ketika sakit-penyakit semakin beragam dan seolah berlomba dengan penemuan obat-obatan, banyak orang kehilangan semangat hidup. Namun, saat pengharapan kita hanya kepada Yesus, ketakutan tidak perlu lagi mencengkeram pikiran kita. Yesus adalah Dokter di atas segala dokter. Bilur-Bilur-Nya sudah menyembuhkan segala sakit-penyakit yang kita derita. Bahkan, kuasa-Nya untuk menyembuhkan sudah diimpartasikan kepada kita. Percayai dan imani bahwa Yesus Sang Penyembuh ada dalam diri kita. Saat kita berdoa tumpang tangan, Tuhan akan mengadakan mujizat kesembuhan besar dan nama-Nya semakin ditinggikan. Amin.

RENUNGAN
Selama Yesus ada di dunia, selain MENGAJAR dan MEMBERITAKAN INJIL, PELAYANAN UTAMA-NYA adalah MENYEMBUHKAN.

APLIKASI
1. Apakah Anda tengah mengalami sakit yang butuh kesembuhan? Bagaimana Anda mendoakannya selama ini?
2. Mengapa Tuhan peduli pada kesembuhan Anda?
3. Bagaimana seharusnya Anda mendoakan dan mengimani kesembuhan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih atas kasih-Mu yang besar pada kami. Kami percaya, Engkau sungguh peduli pada apa yang kami alami. Separah dan sesulit apa pun penyakit kami, Engkau tetap bisa dan ingin menyembuhkannya. Bangkitkan iman kami, ya Bapa, agar kami bisa menanamkan kesadaran dalam hati kami yang terdalam, bahwa ketika Engkau ada dalam kami, semua sakit-penyakit tidak mungkin bertahan tinggal dalam tubuh kami. Biarlah mujizat ini menjadi bagian kesaksian kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.