PENGHARAPAN AKAN MASA DEPAN YANG CERAH

BACAAN HARI INI

Yeremia 29:1-23

RHEMA HARI INI

Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Liburan Natal tahun yang lalu begitu berkesan bagi keluarga pak Yanto. Mereka menikmati liburan bersama dengan keluarga besar. Pak Yanto sempat berpikir bahwa kebahagiaan itu adalah tanda bahwa perjalanan di tahun depan pasti akan menyenangkan. Namun ternyata beberapa bulan kemudian pandemi melanda. Mengubah pola hidup dan kegiatan manusia sehingga banyak orang mulai merasa tertekan dan ketakutan. Sampai kini memasuki bulan Desember, pak Yanto tetap mengimani, meskipun dampak pandemi masih sangat terasa tapi momen Natal akan membawa sukacita dan damai sejahtera. Ia percaya Natal tahun ini adalah tanda kehadiran Tuhan yang akan membawa kelepasan dan masa depan cerah penuh harapan.

Dari Yerusalem Nabi Yeremia mengirimkan surat kepada tua-tua di antara orang-orang buangan, imam-imam, nabi-nabi, dan kepada seluruh rakyat yang dibuang ke Babel oleh Nebukadnezar. Yeremia memberikan penghiburan bahwa mereka akan segera dibebaskan karena semua yang terjadi adalah sesuai dengan rencana Allah bagi mereka. Meskipun saat itu harus mengalami penderitaan, namun Tuhan meyakinkan mereka bahwa semua rancangan-Nya bukanlah rancangan kecelakaan tetapi rancangan damai sejahtera.

Memasuki bulan Desember ini, jika kita melihat berita dunia, pandemi covid-19 sepertinya belum akan segera berakhir. Ada banyak alasan untuk khawatir, virus menular, krisis ekonomi yang butuh waktu lama untuk bisa pulih kembali, bencana alam bahkan situasi politik ikut memanas. Tapi bagi kita umat Tuhan, bulan Desember adalah bulan perayaan datangnya juru selamat dunia. Bulan dimana Tuhan Yesus datang membawa sukacita dan damai sejahtera melimpah. Dan Dia juga membawa pembebasan dan pengharapan masa depan yang cerah. Oleh karena itu, mari kita gelorakan kembali semangat kita. Mari kita bersorak-sorak menyambut kedatangan Tuhan Yesus Juru Selamat kita, Penasihat Ajaib, Allah Yang Perkasa, Bapa Yang Kekal, Raja Damai.

RENUNGAN

Yesus datang untuk memberikan PENGHARAPAN akan MASA DEPAN yang CERAH kepada kita.

APLIKASI

1. Bagaimana Anda melihat masa depan Anda saat ini?
2. Percayakah Anda bahwa Yesus datang untuk memberi Anda harapan akan masa depan yang cerah?
3. Bagaimana Anda meresponi pengharapan yang dari Tuhan ini?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus kami sangat bersuka hati atas pengharapan yang Engkau berikan kepada kami. Apapun yang nampak dimata kami saat ini, kami mau tetap percaya bahwa masa depan yang cerah telah Engkau sediakan bagi kami. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!