Pengharapan Tak Pernah Mengecewakan

RHEMA HARI INI
Roma 5:5   Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Bulan November yang lalu, Firman Tuhan yang kita terima di gereja kita berbicara mengenai “Iman yang Tak Pernah Gagal.” Seorang jemaat Keluarga Allah yang mengelola sebuah rumah kost di Solo memperoleh berkat yang luar biasa ketika ia benar-benar mengaplikasikan Firman Tuhan yang ia terima di gereja kita. Dua bulan sebelumnya, beberapa penyewa kamar kost yang ia kelola keluar karena tidak mematuhi aturan umum yang berlaku di rumah kost tersebut sehingga beberapa kamar kost kosong dan pemasukan bulanan menjadi tidak sepadan dengan anggaran yang dikeluarkan. Ketika ibu ini sedang berdoa, ia diingatkan kotbah Bp. Pdt. Obaja Tanto Setiawan yang sedang me-rhema saat itu: Iman Tak Pernah Gagal. Sekalipun sudah beberapa minggu tak ada penyewa baru, ia menguatkan iman dan pengharapannya. Kali ini ia benar-benar yakin bahwa hari itu rumah kost yang ia kelola akan penuh lagi. Padahal, saat-saat menjelang akhir tahun bukanlah bulan yang ramai orang mencari rumah kost. Ibu yang tak kehilangan pengharapan ini melihat dengan mata iman bahwa Tuhan pasti memberkatinya. Menjelang sore, ia menerima tamu masuk ke rumah kostnya, bukan hanya satu dua orang yang hendak menyewa kamar, namun rombongan pelajar yang jumlahnya justru melebihi jumlah kamar yang ia punya.
Anugerah Tuhan melimpah bagi orang-orang yang senantiasa berharap kepada-Nya. Yang perlu kita lakukan adalah memperluas kapasitas iman kita dan percaya bahwa Tuhan sanggup melakukan kehendak-Nya atas hidup kita. Seperti iman ibu ini, yang tak tergoyahkan sekalipun situasi dan kondisi yang ada tak mendukung, marilah setiap kita pun bersama-sama memiliki iman yang tak tergoyahkan bahwa tahun ini adalah tahun memperluas kapasitas kehidupan kita. Percayalah, bahwa apapun yang menjadi harapan kita tahun ini akan menjadi nyata. Amen (NJ)

RENUNGAN
Harapkan dan nanti-nantikan TUHAN kita yang BESAR mencurahkan ANUGERAHNYA YANG BESAR bagi kita di tahun 2014 ini!

APLIKASI
1. Apa saja yang Anda harapkan di tahun ini ?

2. Lalu langkah apa yang Anda lakukan agar harapan itu menjadi nyata ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, KAMI percaya engkau Tuhan yang memiliki rencana yang besar atas hidup kami. Perluaslah kapasitas hidup kami tahun ini sehingga di tahun 2014 ini kami pun melihat kemuliaan-Mu semakin dinyatakan atas hidup kami. Amen.