Penuh Makna Bagi Sesama

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 27 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Efesus 4:17-32

RHEMA HARI INI

Efesus 4:31 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.

Alkisah ada 2 orang petani yang bertetangga Andrew dan Thompson. Meski bertetangga sifat mereka sangat bertolak belakang. Andrew memiliki sifat yang ramah, sabar dan rendah hati, sedangkan Thompson memiliki sifat yg kasar dan pemarah. Pertanian Andrew menghasilkan sayuran yang segar dan berkualitas. Hubungannya dengan pembeli juga sangat baik, sehingga Andrew memiliki pelanggan lebih banyak dan sangat diberkati. Lain halnya dengan Thompson, meskipun hasil pertaniannya kualitasnya bagus, para pembeli datang hanya jika stock dari pertanian Andrew sudah habis. Thompson sering marah – marah akan hal itu, sehingga penghasilannya semakin tidak menentu karena cara memperlakukan pelanggannya sangat berbeda dengan Andrew. Sehingga Thompson menjadi sangat iri dengan Andrew karena pertaniannya tidak bisa berkembang. Thompson jarang tersenyum dan sering marah dan berkata kasar dengan pelanggan karena hal – hal sepele, sehingga dijauhi pelanggan karena sikapnya.

Jika kita belajar dari ilustrasi di atas, emosi dan kemarahan sangat mengganggu hubungan kita dengan sesama. Usaha kita terganggu, pekerjaan kita jadi tidak lancar, bahkan mungkin hubungan dalam keluarga kita juga tidak harmonis. Terlebih lagi pikiran dan pintu hati kita tertutup oleh emosi – emosi yang merusak hubungan kita dengan Tuhan. Hidup kita hanya terbelenggu oleh emosi, iri hati, dan fitnah. Mari bebaskan hidup kita dari emosi yang merusak dan merugikan sehingga hidup kita menjadi lebih bermakna bagi Tuhan dan sesama.

RENUNGAN

Jangan biarkan EMOSI-EMOSI YANG MERUSAK tetap ada dalam hidup kita, bebaskan diri Anda dan bertumbuhlah secara maksimal di dalam Tuhan!

APLIKASI

  1. Sudahkah anda membuang emosi – emosi yang merusak dan merugikan orang – orang yang anda kasihi?
  2. Bagaimana Anda mengoreksi dan mengendalikan diri?

DOA UNTUK HARI INI

Kami mengucap syukur buat hari ini Tuhan, berilah kami hikmat dan penyertaanMu untuk bisa untuk bisa menjaga hati kami dari emosi yang merusak. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yohanes 6