Penuhi Hidup Dengan Ucapan Syukur Yang Melimpah

BACAAN HARI INI
Efesus 5:1-21

RHEMA HARI INI
Efesus 5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita

Langit tampak gelap ketika Jeju hendak pulang dari tempatnya bekerja. Dia diberitahu bahwa di rumahnya hujan sudah turun dengan lebat. Namun, Jeju tidak menghiraukannya, dia segera menaiki motor dan mulai berjalan pulang. Untuk sampai ke rumah, Jeju harus berkendara sekitar 1 jam lamanya. Dalam perjalanan Jeju berdoa dalam hatinya, “Tuhan, saya bersyukur belum kehujanan sampai saat ini. Kiranya saya bisa sampai ke rumah tanpa kehujanan. Tolong Tuhan, hentikanlah hujan ketika saya lewat.” Demikian doa Jeju yang sederhana.

Benar saja, selama dalam perjalanan pulang, Jeju berpapasan dengan pengendara motor lainnya yang memakai jas hujan. Yang menandakan bahwa di depan sana memang hujan deras sedang turun. Tetapi, Jeju tetap percaya bahwa ketika dia lewat, hujan pasti berhenti. Akhirnya Jeju sampai di rumah tanpa kehujanan.  Yang ada hanya bekas hujan atau langit yang mulai cerah kembali. Jeju sangat bersyukur pada Tuhan karena dia tidak kehujanan. Jeju merasa Tuhan selalu bekerja dalam hal-hal sekecil apapun dalam hidupnya. Oleh karenanya, Jeju selalu mengucapkan syukur atas setiap kebaikan dan anugerah yang Tuhan berikan dalam hidupnya.

Hari-hari ini mungkin kita sedang mengalami berbagai tantangan dan cobaan hidup sehingga membuat kita sulit atau tidak bisa mengucap syukur. Bahkan terkadang kita seolah menyalahkan Tuhan. Namun, ingatlah bahwa seburuk apapun keadaan kita sekarang ini, tangan Tuhan tetap bekerja atas hidup kita. Jika kita bisa menyikapinya secara benar, semua tantangan justru akan membuat kita makin bertumbuh dalam anugerah-Nya. Penuhilah hari-hari kita dengan ucapan syukur yang melimpah-limpah. Masalah boleh datang, tetapi ucapan syukur tidak boleh berhenti kita naikkan. Ingatlah setiap kebaikan yang sudah Tuhan lakukan dalam hidup kita, ingatlah nafas kita saat ini pun merupakan kasih karunia dan anugerah Tuhan. Dengan demikian akan lebih mudah bagi kita untuk menemukan hal-hal yang patut disyukuri dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
PENUHI hari-hari kita dengan UCAPAN SYUKUR yang melimpah-limpah, maka ANUGERAH TUHAN akan semakin BERTUMBUH dalam hidup kita.

APLIKASI
1.    Apakah Anda sudah bisa mengucap syukur dalam segala keadaan? Jika belum, apa alasan Anda?
2.    Apa yang membuat Anda tetap bisa mengucap syukur ketika mengalami hal yang kurang baik?
3.    Apa komitmen Anda agar bisa semakin bertumbuh dalam anugerah Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau senantiasa memberikan anugerah yang melimpah-limpah kepada kami. Kami mau selalu mengucap syukur untuk apapun yang terjadi dalam hidup kami. Kami percaya kami akan selalu bertumbuh dalam anugerah-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.