Perawatan Kecantikan

BACAAN HARI INI
2 Korintus 7:1

RHEMA HARI INI
2 Korintus 7:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Saudara pasti mengenal apa yang dinamakan dengan perawatan kecantikan. Meskipun istilah ini lebih banyak dikenal oleh kaum wanita, tetapi tidak sedikit juga kaum pria yang melakukan perawatan untuk kulit serta tubuhnya. Berikut ini adalah sekilas perawatan kecantikan dari seorang ratu yang namanya melegenda hingga sekarang ini, yaitu Ratu Cleopatra. Konon, Ratu Cleopatra tidak pernah masuk ke dalam bak mandinya sebelum seluruhnya penuh terisi dengan susu unta. Di zamannya dulu, tempat mandi seorang ratu sangat besar sehingga untuk memenuhinya butuh susu bergalon-galon. Kekayaannya yang berlimpah mengizinkannya untuk mendapatkan perawatan kulit dari bahan-bahan terbaik. Secara rutin, ia akan selalu menyempatkan waktu untuk mandi dan berendam di dalamnya selama beberapa jam sehari. Untuk facial wajahnya, Cleopatra menggunakan campuran anggur terbaik di zamannya dan mencampurnya dengan madu. Selain itu, kadang sang ratu juga menggunakan campuran dari lidah buaya yang sudah dihaluskan, air mawar, minyak almond, dan potongan lilin lebah, yaitu sarang lebah yang masih terisi dengan madu. Inilah sekilah perawatan kecantikan dari Ratu Cleopatra.

Secara rohani, kita juga harus secara konsisten melakukan perawatan kecantikan manusia roh kita. Perawatan kecantikan secara fisik memang penting, tetapi sesungguhnya perawatan kecantikan manusia rohani kita jauh lebih penting. Sebab tubuh fisik kita ini sifatnya fana, ini hanyalah kemah sementara yang nantinya akan kita tinggalkan saat kita kembali kepada Pencipta kita. Namun manusia rohani kita bersifat kekal, inilah yang akan terus kita bawa sampai kita menghadap kembali kepada Tuhan kita.

Perawatan kecantikan apa saja yang perlu kita lakukan untuk mendadani manusia roh kita? Setiap hari, prioritaskan waktu saudara minimal 1 jam sehari untuk bersekutu dengan Tuhan, memuji Tuhan, menyembah Dia, membaca serta merenungkan Firman-Nya. Lalu, dalam setiap aktivitas saudara, jangan lupa untuk selalu membawa vitamin Firman Tuhan dalam hati dan pikiran saudara, sehingga kejadian apapun yang saudara alami di hari itu, bisa saudara selesaikan sesuai dengan petunjuk Firman Tuhan yang sudah ada dalam hati dan pikiran saudara. Terus libatkan Roh Kudus sebagai Penolong dan Penasehat bagi kita untuk senantiasa berjalan di dalam kehendak Tuhan.

Di malam hari, luangkan waktu untuk bersyukur, memuji Tuhan dan merenungkan kembali Firman-Nya, sehingga saat tidurpun, pikiran dan hati kita dipenuhi dengan hadirat Tuhan. Kalau kita terus-menerus melakukan perawatan kecantikan manusia roh kita seperti ini, maka kita akan menjadi mempelai Kristus yang berhiaskan kekudusan saat kita diundang masuk dalam Perjamuan Kawin Anak Domba.

RENUNGAN
Hiduplah dalam KEKUDUSAN sehingga kita siap masuk dalam Perjamuan Kawin Anak Domba.

APLIKASI
Bagaimana saudara melakukan perawatan kecantikan manusia roh saudara selama ini ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa ajar kami untuk terus hidup dalam kekudusan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ayub 6-9